Ilustrasi pria mengalami gejala kanker paru-paru/Freepik
Health

Ciri-ciri Batuk Karena Kanker Paru

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 27 Desember 2022 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  Musim dingin dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti infeksi flu biasa, yang memicu batuk.

Untuk sebagian besar infeksi pernapasan, 'batuk' adalah gejala umum yang datang dan pergi atau bertahan selama berminggu-minggu dan terkadang bahkan berbulan-bulan.

Tetapi kapan Anda harus mulai khawatir? Bisakah batuk terus menerus tanda penyakit yang lebih serius? Dan apakah itu bisa menjadi tanda kanker paru?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), gejala kanker paru berbeda untuk masing-masing pasien.

Beberapa orang memiliki gejala yang berhubungan dengan paru-paru, yang lainnya memiliki gejala khusus untuk bagian tubuh lain dimana kanker itu telah menyebar.

Namun, sesuai dengan kesehatan tubuh, beberapa gejala kanker paru yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Batuk

Batuk adalah salah satu gejala utama kanker paru-paru, itu bisa menjadi tanda dari banyak penyakit dan infeksi lainnya, terutama dalam cuaca dingin yang mematikan ini, virus pernapasan berkembang biak, membingungkan banyak orang.

Namun, menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, batuk berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh setelah tiga minggu, tidak boleh diabaikan. Seseorang harus memeriksakan diri ke dokter, karena bisa mengarah ke kanker paru-paru, saran badan kesehatan.

Selain itu, jika batuk disertai dengan rasa sakit atau nyeri, itu bisa menjadi tanda kekhawatiran dan mengunjungi dokter spesialis paru harus segera dilakukan.

2. Darah saat batuk tidak boleh diabaikan

The Mayo Clinic menjelaskan, "kanker paru-paru dapat menyebabkan pendarahan di saluran napas, yang dapat menyebabkan Anda batuk darah (hemoptisis)."

Paling sering, selama stadium 1 kanker paru-paru, orang biasanya tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, jika terjadi, batuk darah atau dahak berlumuran darah bisa menjadi tanda yang umum dan juga menunjukkan tingkat keparahan.

Beberapa gejala yang terkait dengan kanker paru-paru juga dapat terjadi pada penyakit lain, oleh karena itu CDC menyarankan untuk berbicara dengan dokter Anda yang dapat membantu menemukan penyebabnya.

Jika Anda memiliki gejala utama kanker paru-paru atau gejala yang kurang umum, NHS juga menyarankan untuk menemui dokter umum.

Badan kesehatan Inggris mengatakan, "Sebagian besar kasus kanker paru-paru disebabkan oleh merokok, meskipun orang yang tidak pernah merokok juga dapat mengembangkan kondisi tersebut."

Yang mengatakan, sementara merokok dapat menjadi 'faktor risiko terbesar' untuk kanker paru-paru, faktor lain seperti menjadi perokok pasif atau pasif, paparan gas radon, asbes dan karsinogen lainnya, atau memiliki riwayat keluarga penyakit dapat menempatkan Anda berisiko.

Yang terbaik adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk menghindari kemungkinan kanker stadium lanjut dan mendapatkan perawatan yang tepat tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro