Kandungan dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh (pexels)
Health

Ini Kandungan dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Nuraini
Selasa, 3 Januari 2023 - 13:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang unik dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain rasanya yang enak, manfaat buah naga juga cukup beragam.

Baik itu buah naga merah maupun buah naga putih sama-sama memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Kandungan Buah Naga Merah dan Putih

Manfaat buah naga merah maupun putih ditunjang dari kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Buah naga memiliki beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh diantaranya; vitamin C, zat besi, magnesium, vitamin B2 dan B3, kalsium, dan antioksidan. 

Manfaat dari Buah Naga 

Kandungan gizi tersebut membuat buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari Alodokter, berikut sejumlah khasiat buah naga yang perlu diketahui. 

1. Menjaga kekencangan dan elastisitas kulit

Manfaat buah naga untuk wajah yaitu bisa menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Buah naga memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kekencangan dan elastisitas kulit sehingga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, buah naga dapat diolah menjadi masker. 

2. Mengontrol gula darah

Manfaat lain dari buah naga yaitu dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan surat yang tinggi membuat buah ini dapat menekan lonjakan gula setelah penderita diabetes mengonsumsi makanan.

3. Menurunkan berat badan

Khasiat buah naga selanjutnya yakni bisa membantu menurunkan berat badan. Buah naga ini bisa dijadikan sebagai camilan sehat bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi tetapi kalori yang rendah. Dengan demikian sangat aman bagi yang sedang menjalani program diet.

4. Mengurangi jerawat

Manfaat dari buah naga selanjutnya mampu mencegah penuaan dini ternyata buah naga ini juga baik untuk mengurangi jerawat. Jika ingin mengatasi jerawat dengan menggunakan buah naga, maka Anda bisa mengoleskan buah naga ke area kulit yang kemerahan.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat makan buah naga selanjutnya yaitu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan senyawa antioksidan dan vitamin C ini mampu mencegah kerusakan sel dari timbulnya berbagai penyakit.

6. Mencegah anemia

Buah naga juga termasuk makanan yang aman dikonsumsi ibu hamil. Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil yaitu bisa mencegah anemia. 

Anemia merupakan salah satu penyakit yang sebisa mungkin harus dihindari oleh ibu hamil. Anemia bisa membuat kondisi bayi menjadi prematur, berat badan bayi yang rendah saat kelahiran serta pendarahan pada saat proses persalinan. 

Buah naga dipercaya dapat menurunkan resiko anemia pada ibu hamil karena dapat membantu sel darah dalam tubuh untuk meningkatkan kapasitas oksigen.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Ternyata buah naga juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan prebiotik yang ada di buah naga ini sangat bermanfaat sebagai sumber makanan terutama untuk bakteri baik yang ada di dalam usus seperti Lactobacilli.

Bakteri baik ini berfungsi untuk membunuh virus serta bakteri penyebab penyakit. Konsumsi probiotik melalui buah naga ini bisa menjaga keseimbangan dari bakteri baik dan juga bakteri jahat di dalam usus manusia.

9. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu sangat baik untuk kesehatan tulang. Buah naga memiliki kandungan magnesium yang tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Magnesium ini memiliki peranan yang penting dalam proses kontraksi otot, pemecahan energi, serta proses pembentukan DNA. 

Oleh karena itulah, tubuh perlu mendapatkan asupan magnesium yang cukup. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah naga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro