8 Manfaat Daun Salam, Bisa Menghilangkan Ketombe - Pixabay
Health

Inilah 8 Manfaat Daun Salam, Bisa Menghilangkan Ketombe

Nuraini
Kamis, 5 Januari 2023 - 06:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daun salam termasuk daun aromatik yang biasanya ditambahkan dalam masakan untuk menambah cita rasa makanan.

Selain digunakan sebagai penyedap makanan, daun salam juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun salam? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Daun Salam

Khasiat dari daun salam ditunjang oleh kandungan yang dimilikinya. Dikutip dari Halodoc, daun salam mengandung senyawa aktif, seperti; serat, vitamin C, tanin, dan niasin.

Selain itu, daun salam juga mengandung mineral dan antioksidan. Daun salam juga mempunyai sifat antikanker, antibakteri, dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Kandungan senyawa aktif yang dimiliki membuat daun salam memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Dilansir dari SehatQ, berikut ini sejumlah khasiat daun salam yang perlu diketahui.

1. Mengurangi kolesterol jahat

Manfaat daun salam untuk kolesterol yaitu bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, daun salam juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL pada penderita penyakit diabetes tipe 2.

2. Mengontrol tekanan darah

Daun salam juga diketahui bisa menurunkan tekanan darah. Menurut penjelasan di Prosiding Webinar Nasional dan Diseminasi Hasil Penelitian “Peran Komplementer dan Entrepreneur di Masa Pandemi Covid-19”, manfaat daun salam untuk darah tinggi karena bahan alami ini mengandung mineral yang membuat peredaran darah lancar dan mengurangi tekanan darah.

3. Menghilangkan racun dalam tubuh

Manfaat rebusan daun salam selanjutnya yaitu bisa menghilangkan racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun salam mengandung enzim yang bisa melancarkan proses peneraan.

4. Menyembuhkan luka

Manfaat daun salam bagi kesehatan berikutnya yaitu bisa menyembuhkan luka. Penelitian yang dilakukan pada tikus, membuktikan bahwa daun salam dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan ekstrak daun salam bisa mengurangi radang.

5. Obat alami penyakit diabetes

Daun salam juga diketahui bisa mengobati penyakit diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun salam bisa membantu mengatur metabolisme kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

6. Mencegah risiko batu ginjal

Manfaat daun salam rebus berikutnya yaitu bisa mencegah batu ginjal. Daun salam diketahui bisa mengurangi kandungan urease dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa urease merupakan protein yang dapat membentuk batu ginjal.

7. Meredakan gejala asam urat

Daun salam merupakan salah satu bahan alami yang bisa meredakan gejala penyakit asam urat. Meskipun demikian, manfaat daun salam untuk asam urat tidak terlalu efektif. Jadi, jika Anda mengalami keluhan asam urat, sebaiknya segera lakukan pengobatan pada dokter ahli.

8. Mengurangi ketombe

Manfaat rebusan air daun salam berikutnya yaitu mengurangi ketombe. Tak hanya itu, daun salam juga bisa merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan, dan mengatasi kulit kepala yang gatal. Manfaat air daun salam ini bisa didapatkan dengan cara merebus daun salam dan menggunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan rambut saat keramas.

Cara Merebus Daun Salam

Daun salam bisa dikonsumsi sebagai teh yang ditambah dengan bahan alami lain seperti kayu manis dan madu. Mengutip dari Halodoc, berikut ini cara merebus daun salam yang diolah sebagai teh.

  • Siapkan 4-5 lembar daun salam salam yang sudah kering, 1 batang kayu manis atau 1 sendok teh kayu manis bubuk, madu secukupnya, dan 1 liter air.
  • Tambahkan daun salam dan kayu manis dalam air.
  • Lalu, rebus selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah mendidih, angkat dan saring air rebusan tersebut.
  • Tambahkan madu untuk membuat rasa teh daun salam semakin nikmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro