Daun salam
Health

8 Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Sembuhkan Penyakit Ini

Restu Wahyuning Asih
Senin, 26 Februari 2024 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daun salam ternyata menyimpan berbagai khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Rebusan daun salam dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit, dan sebagai detox untuk mengeluarkan racun jahat dari dalam tubuh.

Dikutip dari Halodoc, daun salam mengandung senyawa aktif, seperti; serat, vitamin C, tanin, dan niasin.

Daun salam juga mengandung mineral dan antioksidan. Daun aromatik ini juga mempunyai sifat antikanker, antibakteri, dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Daun salam memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, lantas apa saja manfaat daun salam? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

Kandungan senyawa aktif yang dimiliki membuat daun salam memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari SehatQ, berikut ini sejumlah khasiat rebusan daun salam yang perlu diketahui.

1. Mengurangi Kolesterol Jahat

Manfaat daun salam untuk kolesterol yaitu bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Daun salam juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL pada penderita penyakit diabetes tipe 2.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Daun salam bisa menurunkan tekanan darah. Menurut penjelasan di Prosiding Webinar Nasional dan Diseminasi Hasil Penelitian “Peran Komplementer dan Entrepreneur di Masa Pandemi Covid-19”, manfaat daun salam untuk darah tinggi karena bahan alami ini mengandung mineral yang membuat peredaran darah lancar dan mengurangi tekanan darah.

3. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Manfaat rebusan daun salam selanjutnya yaitu bisa menghilangkan racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun salam mengandung enzim yang bisa melancarkan proses peneraan.

4. Menyembuhkan Luka

Manfaat daun salam bagi kesehatan berikutnya yaitu bisa menyembuhkan luka. Penelitian yang dilakukan pada tikus, membuktikan bahwa daun salam dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan ekstrak daun salam bisa mengurangi radang.

5. Obat Alami Penyakit Diabetes

Daun salam juga diketahui bisa mengobati penyakit diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun salam bisa membantu mengatur metabolisme kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

6. Mencegah Risiko Batu Ginjal

Manfaat rebusan daun salam berikutnya yaitu bisa mencegah batu ginjal. Daun salam diketahui bisa mengurangi kandungan urease dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa urease merupakan protein yang dapat membentuk batu ginjal.

7. Meredakan Gejala Asam Urat

Daun salam merupakan salah satu bahan alami yang bisa meredakan gejala penyakit asam urat. Meskipun demikian, manfaat daun salam untuk asam urat tidak terlalu efektif. Jadi, jika Anda mengalami keluhan asam urat, sebaiknya segera lakukan pengobatan pada dokter ahli.

8. Rebusan Daun Salam untuk Mengurangi Ketombe

Manfaat rebusan air daun salam berikutnya yaitu mengurangi ketombe. Tak hanya itu, daun salam juga bisa merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan, dan mengatasi kulit kepala yang gatal. Manfaat air daun salam ini bisa didapatkan dengan cara merebus daun salam dan menggunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan rambut saat keramas.

Cara Mengolah Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

1. Cuci Daun Salam

Bersihkan daun salam dengan mencucinya secara grondong untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin ada pada permukaannya.

2. Rebus Daun Salam

Letakkan daun salam yang telah dicuci ke dalam panci bersama dengan air. Didihkan air sampai mendidih dan biarkan daun salam direbus dalam air panas selama sekitar 20-30 menit untuk mengeluarkan nutrisi dan senyawa aktifnya.

3. Saring Rebusan

Setelah direbus, saring air rebusan daun salam untuk memisahkan daun dan mendapatkan air rebusan yang jernih.

4. Konsumsi

Minum air rebusan daun salam secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Air rebusan daun salam bisa diminum langsung atau dicampur dengan sedikit madu atau lemon untuk meningkatkan rasa dan manfaatnya.

Rebusan daun salam ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula darah, dan menyediakan berbagai vitamin dan antioksidan penting bagi tubuh.

Itulah sejumlah manfaat rebusan daun salam bagi kesehatan tubuh lengkap dengan cara mengolah daun salamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro