Ilustrasi Perayaan Imlek/ Istimewa
Relationship

Ini Pantangan Saat Imlek, Apa Saja?

Ileny Rizky
Jumat, 6 Januari 2023 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun baru Imlek di 2023 jatuh pada hari Minggu, 22 Januari mendatang. Imlek umumnya menjadi waktu untuk memanjatkan doa kepada para dewa dan leluhur, demi meraih kehidupan yang makmur dan penuh suka cita. Simak pantangan saat Imlek. 

Dilansir dari China Highlights pada Kamis (5/1/2023), sejarah Tahun Baru Imlek sendiri bermula dari Dinasti Shang (1600–1046 SM). Saat itu masyarakat Tionghoa mengadakan suatu upacara pengorbanan untuk menghormati dewa dan leluhur di awal atau akhir setiap tahun.

Tak hanya itu, di Dinasti Wei dan Jin (220–420), selain menyembah dewa dan leluhur,  orang Tionghoa juga merayakan waktu Imlek dengan menghibur diri. Mereka akan merayakan momen spesial ini dengan berkumpul bersama keluarga, baik untuk membersihkan rumah, makan malam, hingga begadang di malam tahun baru.

Di samping itu, Imlek juga dipenuhi dengan simbol-simbol unik serta berbagai mitos mengenai apa saja hal yang harus dilakukan dan apa saja yang menjadi dilarang. Melansir Boldsky.com, masyarakat Tionghoa meyakini bahwa mereka harus menghindari beberapa hal berikut saat Imlek. 

Simak pantangan saat Imlek:

1. Mengonsumsi obat

Mengkonsumsi obat pada tahun baru Imlek sangat tidak dianjurkan. Berdasarkan kepercayaan Tionghoa, barangsiapa yang meminum obat di hari Imlek, maka dia akan merasakan sakit di sepanjang tahun. Bahkan di beberapa tempat, mereka akan memecahkan wadah (pot) obat untuk mengusir penyakit di tahun mendatang.

2. Menyeduh Jamu

Selain larangan mengonsumsi obat, menyeduh jamu juga menjadi hal yang harus dihindari ketika Imlek. Alasannya sama seperti larangan meminum obat tadi, bagi mereka yang menyeduh jamu ketika tahun baru Imlek, maka mereka akan merasakan sakit di sepanjang tahun.

3. Menyapu lantai

Larangan berikutnya adalah jangan menyapu lantai pada hari tahun baru. Sebab, menyapu lantai mengisyaratkan Anda membersihkan kekayaan. 

4. Membuang sampah

Selain menyapu lantai, orang Tionghoa juga meyakini bahwa membersihkan atau membuang  sampah mengisyaratkan bahwa mereka sedang membersihkan keberuntungan yang ada di dalam rumah. 

HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SAAT IMLEK
HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SAAT IMLEK

5. Berbicara dengan konteks negatif

Jangan berbicara apapun yang berkonotasi negatif. Hindari berbicara tentang kematian, penyakit, kemiskinan, hantu, dan sebagainya. Oleh karena itu, bicarakan seputar hal-hal yang menggembirakan. Sebab, ucapan akan menjadi doa tersendiri bagi setiap individu.

6. Makan bubur untuk sarapan pagi

Bagi sebagian orang Tionghoa, Bubur menjadi simbol makanan untuk orang miskin. Jika Anda mengonsumsi bubur pada hari ini, Anda juga akan mengonsumsinya sepanjang tahun mendatang.

7. Konsumsi daging untuk sarapan

Tak hanya bubur, mengonsumsi daging sewaktu sarapan ketika Imlek juga tidak diperbolehkan. Sebab, daging diyakini sebagai simbol atau tanda penghormatan kepada dewa Buddha saat mereka berkumpul pada hari ini untuk saling mengucapkan selamat tahun baru.

8. Mencuci dan memotong rambut

Larangan selanjutnya adalah keramas dan memotong rambut. Mencuci rambut diartikan dengan menghilangkan rejeki. Sedangkan memotong rambut di hari Imlek dipercaya dapat membawa kesialan yang tak terduga.

9. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian sebagai dihindari di hari pertama dan kedua Imlek. Pasalnya, kedua hari tersebut ditetapkan untuk menyembah dewa air. Dengan begitu, mencuci pakaian tidak boleh dilakukan untuk menghormati mereka. Air yang dituangkan setelah mencuci pakaian diibaratkan dengan menuangkan atau menguras kekayaan.

10. Menjahit

Menjahit, termasuk memasang kancing adalah hal yang tidak boleh untuk dilakukan. Jika Anda nekat melakukannya, maka bersiaplah untuk menghadapi hari-hari yang sulit ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro