Beragam Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh - Pixabay
Health

Beragam Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh, Baik Untuk Mata

Nuraini
Minggu, 8 Januari 2023 - 20:06
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTAAlpukat dikenal sebagai buah berlemak dengan segudang manfaat. Apakah Anda sudah mengetahui kandungan dan manfaat alpukat?

Dilansir dari Halodoc dan Alodokter, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Alpukat

Alpukat merupakan buah yang rasanya enak dan kaya akan nutrisi. Berikut ini sejumlah kandungan buah alpukat yang baik untuk kesehatan. 

1. Protein

Alpukat mengandung protein yang mudah diserap tubuh karena mengandung serat. Protein alami dari alpukat berbeda dengan protein hewani yang sulit untuk dicerna. 

2. Lemak baik

Kandungan lemak baik dapat meningkatkan kadar HDL sehingga mengurangi risiko kerusakan tubuh akibat radikal bebas, membantu mengatur kadar trigliserida dan mencegah diabetes.

3. Karotenoid

Jenis karotenoid dalam alpukat yaitu beta-karoten, alfa-karoten, lutein, dan phytonutrient yang baik untuk kesehatan fungsi sistem reproduksi dan kesehatan mata.

4. Lutein 

Dalam satu buah alpukat mengandung 81 mcg lutein yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. 

5. Vitamin dan mineral

Alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral, beberapa diantaranya adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin B6, dan vitamin E. Peningkatan produksi progesteron dan estrogen menjadi salah satu manfaat alpukat untuk pria dan wanita karena kandungan vitamin E di dalamnya. 

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Kandungan alpukat yang beragam membuat buah ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaat buah alpukat bagi kesehatan. 

1. Menjaga berat badan

Manfaat buah alpukat untuk pria dan wanita yaitu bisa membantu menjaga berat badan. Kandungan karbohidrat dan serat dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Lemak baik pada alpukat tidak akan menyebabkan berat badan cepat meningkat. Meskipun begitu, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

2. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat buah alpukat untuk tubuh lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan lemak baik dalam alpukat bermanfaat baik bagi tubuh. Lemak baik dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL. Alhasil, penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung dapat dicegah. 

3. Mengurangi risiko kanker

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan yaitu dapat mengurangi risiko kanker. Hal ini sebagai manfaat dari vitamin C, vitamin E, dan lutein yang berperan sebagai antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. 

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan alpukat berupa lutein berperan untuk memperbaiki kerusakan mata dan mencegah penyakit mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula. 

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Alpukat termasuk buah yang aman dikonsumsi ibu hamil. Kandungan asam folat, protein, lemak, dan vitamin berperan penting bagi ibu hamil karena dapat mendukung proses perkembangan janin. Berikut ini sejumlah manfaat alpukat untuk wanita hamil..

1. Meningkatkan perkembangan otak janin

Klorin merupakan komponen penting dalam perkembangan otak bayi. Nah, alpukat mengandung 22 mg klorin yang dapat meningkatkan perkembangan dan perkembangan saraf.

2. Mengobati anemia

Manfaat buah alpukat untuk wanita hamil dapat digunakan untuk mengobati anemia. Anemia terjadi karena kekurangan zat besi. Kandungan zat besi dalam alpukat sangat diperlukan oleh wanita selama haid dan masa kehamilan.

3. Meredakan kram kaki

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat meredakan kram kaki selama kehamilan. Hal ini bisa terjadi akibat kandungan kalium dan kalsium yang tinggi dalam alpukat.

4. Mempertahankan kadar kolesterol dan gula

Kandungan lemak baik dalam alpukat tidak akan menyebabkan masalah kolesterol sehingga dapat bermanfaat untuk mempertahankan kadar kolesterol dan gula selama masa kehamilan.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, buah alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk bayi dan anak-anak. Maka dari itu, buah ini bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Adapun manfaat alpukat untuk bayi, seperti berikut: 

1. Melancarkan pencernaan

Serat tinggi dalam alpukat dapat memperlancar sistem pencernaan bayi. Dengan begitu, bayi dapat terhindar dari sembelit.

2. Menunjang tumbuh kembang bayi

Beragam kandungan dari alpukat dapat melengkapi nutrisi pada bayi. Manfaat alpukat untuk bayi tersebut dapat menunjang tumbuh kembang bayi. 

3. Mempercepat penyembuhan luka

Bila dibandingkan dengan obat kimia yang dapat berdampak negatif, alpukat tergolong aman dalam mempercepat penyembuhan luka pada bayi.

4. Mencegah peradangan pada kulit

Manfaat alpukat untuk wajah bayi yaitu bisa melindungi wajah dan kulit dari iritasi dan peradangan. Kulit bayi juga rentan mengalami peradangan. Kandungan antioksidan dari alpukat dapat melindungi wajah dan kulit bayi dari penyebab peradangan dan iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro