Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Rasanya Enak - Pixabay
Health

Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Rasanya Enak

Nuraini
Selasa, 10 Januari 2023 - 20:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nanas merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Buah ini memiliki rasa manis keasaman. Biasanya nanas dikonsumsi langsung atau diolah sebagai selai. Selain rasanya yang enak, manfaat nanas juga ternyata sangat beragam.

Manfaat tersebut ditunjang oleh kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tersebut. Simak penjelasan lebih lengkap seputar manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nanas

Buah nanas diketahui bisa mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Dikutip dari Klikdokter, kandungan nanas yang baik untuk tubuh antara lain; kalori, protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu, nanas juga mengandung serat, gula, dan vitamin C.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat buah ini mempunyai sejumlah manfaat untuk tubuh. Dikutip dari SehatQ dan Halodoc, berikut ini beberapa sejumlah manfaat buah nanas untuk kesehatan.

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat makan nanas diketahui bisa mencegah penyakit jantung. Buah nanas diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang membuat buah nanas dapat mencegah penyakit jantung. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kandungan vitamin C yang tinggi bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

2. Meningkatkan kesuburan

Manfaat buah nanas untuk wanita dan pria diketahui bisa meningkatkan kesuburan. Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki sejumlah vitamin dan mineral seperti; zinc, beta karoten, vitamin C, tembaga, dan asam folat.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Buah nanas juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Manfaat nanas untuk kolesterol ini ditunjang oleh kandungan serat larut dalam buah tersebut.

4. Mengurangi kadar trigliserida

Manfaat buah nanas untuk kolesterol lainnya yaitu bisa mengurangi kadar trigliserida. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya konsumsi buah nanas utuh dan konsisten untuk menerapkan pola hidup sehat.

5. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat nanas bagi tubuh juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan nanas mengandung vitamin C. Kandungan tersebut bisa melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

6. Membuat kenyang lebih lama

Salah satu manfaat nanas untuk diet yaitu bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Kandungan serat pada nanas dicerna cukup lama, sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, nanas cocok untuk diet.

7. Mengurangi sembelit

Manfaat buah nanas bagi tubuh lainnya yaitu mengurangi sembelit. Hal tersebut dikarenakan nanas mengandung bromelain yang bisa memecah protein lebih cepat dan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

8. Meredakan batuk

Manfaat buah nanas untuk pria dan wanita selanjutnya yaitu dapat meredakan batuk. Jus buah nanas diketahui bisa mengencerkan lendir saat batuk. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam buah ini juga bisa membuat batuk lebih cepat sembuh.

Manfaat Nanas untuk Ibu Hamil

Sejauh ini banyak yang berpikir bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah nanas. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, nanas bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil. Dikutip dari Halodoc, berikut ini sejumlah manfaat nanas muda untuk perempuan hamil.

1. Melancarkan persalinan

Manfaat nanas untuk wanita hamil lainnya yaitu bisa melancarkan persalinan. Kandungan enzim dalam nanas bisa membuat proses persalinan lebih lancar. Hal tersebut dikarenakan kandungan tersebut bisa melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi. Meskipun demikian, jangan konsumsi nanas berlebihan karena bisa menyebabkan diare.

2. Mengurangi rasa cemas

Manfaat nanas bagi kesehatan ibu hamil lainnya yaitu bisa mengurangi rasa cemas. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin dan flavonoid dalam buah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro