Ketahui Kandungan Daun Kemangi, Manfaat, dan Efek Sampingnya - Shutterstock
Health

Simak Manfaat Daun Kemangi, Kandungan dan Efek Sampingnya

Nuraini
Minggu, 15 Januari 2023 - 13:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daun kemangi (Ocimum basilicum) banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan. Biasanya dimakan bersama dengan lauk yang digoreng ataupun dibakar.

Manfaat daun kemangi selain untuk pelengkap masakan juga dikenal dapat mengobati masalah kesehatan. Berikut kandungan daun kemangi yang bermanfaat baik bagi tubuh. 

Kandungan Daun Kemangi

Berdasarkan Data Kemenkes TKPI, kandungan daun kemangi per 100 gram yaitu air (85 gram), energi (43 kal), protein (5,5 gram), lemak (0,3 gram), karbohidrat (7,5 gram), serat (8,4 gram), abu (1,7 gram), kalsium (106 mg), fosfor (106 mg), besi (1 mg), natrium (10 mg), kalium (457,1 mg, beta karoten (1.282 mcg), dan karoten total (1.017 mcg).

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Daun kemangi memiliki sifat antibakteri karena dapat menghambat bakteri Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Escherichia coli. Daun kemangi juga bersifat antioksidan bagi tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini berbagai manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu diketahui. 

1. Mencegah jerawat

Manfaat makan daun kemangi diketahui dapat mencegah jerawat. Selain itu, daun kemangi yang dihaluskan dapat mencegah peradangan pada jerawat karena mengandung antibakteri dan antijamur. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun kemangi lainnya yaitu dapat mengatasi masalah pencernaan seperti mual dan infeksi usus. Adapun manfaat daun kemangi untuk asam lambung dapat mengurangi asam dan melepaskan lapisan lendir yang melindungi dinding asam lambung. 

3. Mengobati infeksi kulit

Kandungan antibakteri dan antijamur dari daun kemangi juga dapat mengobati infeksi kulit. Kurap dapat diobati dengan mencampur daun kemangi dengan jus lemon dan dioleskan ke kulit. 

Adapun gatal-gatal pada kulit dapat disembuhkan dengan cara menggiling dan merebus daun kemangi yang kemudian dicampurkan dengan minyak biji wijen untuk dioleskan ke kulit.

4. Baik untuk jantung

Khasiat daun kemangi lainnya yaitu bisa menunjang kesehatan jantung. Kandungan daun kemangi berupa antioksidan dapat mengurangi kadar glukosa darah dan kolesterol sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. 

5. Baik untuk wanita

Kandungan zat boron anetol, eugenol, dan zat triptofan dikenal baik untuk wanita. Manfaat daun kemangi untuk wanita yaitu dapat merangsang hormon estrogen, mengatasi keputihan, dan menunda menopause. 

6. Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil dapat memanfaatkannya sebagai lalapan atau mencampurnya ke dalam sayuran. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan ibu hamil dapat memperlancar produksi ASI. 

7. Baik untuk pria

Manfaat daun kemangi untuk pria dapat membantu meningkatkan kesuburan dan gangguan libido. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan senyawa sineol arginin, apigenin fenkhona dan eugenol dalam daun kemangi. 

Efek Samping Daun Kemangi

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi daun kemangi berlebihan bisa menyebabkan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa efek samping daun kemangi yang patut diwaspadai. 

Bagi penderita diabetes, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kemangi karena daun kemangi dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan efek samping pusing.

Bagi pengkonsumsi obat-obatan herbal, sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter ahli untuk menghindari efek samping daun kemangi yang mungkin muncul akibat berinteraksi dengan obat-obatan herbal.

Bagi ibu hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsinya terlalu banyak dan memastikan bahwa daun kemangi yang dikonsumsi sudah dalam keadaan bersih. Apabila tidak, bakteri dari daun kemangi dapat memberikan efek samping mual, muntah, pusing, diare, hingga menginfeksi janin dalam kandungan. 

Itulah beberapa manfaat daun kemangi dan efek samping yang dapat ditimbulkan. Konsumsi daun kemangi secukupnya agar bisa mendapatkan manfaat fungsi kemangi dengan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro