Ilustrasi Depresi/Istimewa
Health

Berikut 9 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 13 Juli 2022 - 14:38
Bagikan

Baik untuk Pencernaan hingga Anti Depresi

1. Baik Untuk Pencernaan

Kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi memperkuat sistem pencernaan dan saraf serta bisa menjadi obat yang baik untuk sakit kepala maupun insomnia. Terdapat eugenol dalam daun untuk memastikan tindakan anti-inflamasi di saluran pencernaan. Kemangi membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat.

2. Anti-inflamasi

Kemangi dan sifat anti-inflamasinya yang kuat terbukti dapat menjadi obat untuk berbagai penyakit dan gangguan. Minyak esensial yang kuat, termasuk eugenol, citronellol dan linalool, membantu menurunkan peradangan melalui sifat penghambat enzimnya. Sifat anti-inflamasi kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi radang usus.

3. Melawan Aktivitas Radikal Bebas

Kemangi mengandung berbagai antioksidan alami yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah atom yang tidak stabil. Untuk menjadi stabil, mereka mengambil elektron dari atom lain dan membentuk rantai. Rantai radikal bebas ini menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada sel.

Untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, seseorang harus meningkatkan asupan antioksidan. Kemangi mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare. Antioksidan ampuh ini memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi struktur sel, DNA dan menunda efek penuaan kulit.

4. Manfaat untuk Kulit

Kemangi membantu membersihkan kulit dari dalam. Sebagai pembersih kulit, sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Ini juga membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan dan biarkan selama 20 menit. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuatnya akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

5. Melawan Depresi

Kemangi dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Diyakini dapat merangsang neurotransmiter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk mendorong kebahagiaan dan energi. Kemangi dianggap sebagai adaptogen yang kuat atau agen anti-stres. Sifat anti-inflamasi ini meningkatkan kekebalan serta membantu mengelola stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro