Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Manfaat Es Batu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tidak hanya mendinginkan, es batu ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya untuk wajah. Simak penjelasan mengenai manfaat es batu
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  14:06 WIB
Manfaat Es Batu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Simak, Ini Manfaat Es Batu yang Jarang Diketahui (freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejauh ini kita mengenal es batu berguna untuk menghilangkan dahaga saat cuaca terasa terik.

Es batu bisa memberikan rasa dingin dan menyegarkan saat dicampurkan dalam minuman. Selain itu, manfaat es batu ternyata sangat beragam. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Es batu ternyata memiliki banyak manfaat untuk wajah. Meskipun demikian, banyak orang belum mengetahui manfaat ini. Lantas, apa manfaat es batu untuk wajah? Dilansir dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Mengatasi wajah berjerawat

Wajah yang berjerawat sering kali membuat banyak orang merasa tidak percaya diri. Masalah tersebut ternyata bisa diatasi dengan menggunakan es batu.

Salah satu manfaat es batu untuk jerawat yaitu bisa mengatasi peradangan. Cara menghilangkan jerawat dengan es batu yaitu dengan meletakkan es batu pada handuk atau plastik. Setelah itu, usapkan handuk atau plastik tersebut pada wajah yang berjerawat.

2. Mengatasi minyak berlebih pada wajah

Manfaat es batu untuk wajah berjerawat lainnya yaitu bisa membantu mengatasi minyak berlebih. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab munculnya jerawat yaitu minyak berlebih.

Dengan menggunakan es batu di wajah sebelum tidur, maka sel lemak yang ada di bawah kulit akan terjaga. Kondisi ini membuat produksi minyak bisa terkontrol dan membuat wajah lebih cerah serta terhindar dari risiko jerawat.

2. Mengobati bibir pecah-pecah

Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, es batu juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan bibit. Salah satu manfaat es batu untuk bibir yaitu bisa mengobati bibir pecah-pecah. Hal tersebut dikarenakan es batu bisa membuat bibir lebih terhidrasi dan segar. Tak hanya itu, es batu juga bisa membuat bibir lebih lembut dan sehat.

3. Membuat pori-pori wajah lebih bersih

Manfaat batu es untuk wajah juga bisa membuat pori-pori wajah lebih bersih. Cara menggunakan es batu untuk wajah agar terlihat bersih yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan es batu sebelum tidur.  

Cara tersebut dapat membuat pori-pori bersih dan tidak tersumbat kotoran, sehingga risiko jerawat, kusam, dan kemerah-merahan bisa dihindari.

4. Mencerahkan kulit

Manfaat es batu bagi wajah berikutnya yaitu bisa membantu mencerahkan dan meremajakan kulit. Memijat wajah menggunakan es batu diketahui bisa mengurangi stres pada kulit. Dengan demikian, kulit wajah menjadi lebih sehat dan tampak cerah alami.

5. Menyamarkan kerutan pada wajah

Perlu diketahui bahwa kerutan bisa disebabkan oleh faktor usia, polusi udara, hingga gaya hidup. Manfaat mengompres wajah dengan es batu diketahui bisa membantu menyamarkan kerutan di wajah dan mencegah munculnya kerutan baru.

6. Membuat mata lebih sehat

Selain berguna untuk menyehatkan wajah, es batu juga diketahui bisa membuat mata lebih sehat. Manfaat kompres es batu pada area mata diketahui bisa membuat mata lebih rileks. Bahkan, mengompres mata dengan es batu juga diketahui bisa mengatasi bengkak pada mata dan menyamarkan mata pada.

Manfaat Es Batu untuk Otot dan Saraf

Selain memiliki manfaat untuk wajah, es batu juga diketahui bermanfaat untuk otot dan saraf. Berikut penjelasannya.

1. Mengurangi rasa nyeri pada otot

Air es atau es batu diketahui bisa mengatasi rasa nyeri pada otot. Manfaat es batu untuk otot ini bisa didapatkan dengan cara mengompres bagian yang nyeri dan bengkak dengan kain yang sudah dibasahi menggunakan air es.

Selain menggunakan air es, selingi juga dengan kompres hangat agar aliran darah pada otot lancar dan rasa nyeri cepat hilang.

2. Mengobati saraf kejepit

Es batu juga diketahui bisa mengobati saraf kejepit, terutama jika diketahui ada tanda pembengkakan atau peradangan. Manfaat es batu untuk saraf ini bisa diperoleh dengan cara mengompres pada area yang bengkak selama 10 hingga 15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Es Batu Manfaat tips sehat kesehatan kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top