Sakit perut bisa jadi tanda sakit jantung/Blogdoctoroz.com
Health

Merasa Tidak Nyaman di Bagian Tubuh Ini? Hati-hati Sakit Jantung

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 29 Januari 2023 - 20:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda merasa tidak nyaman di bagian tubuh tertentu, bisa jadi itu tanda sakit jantung.

Jadi, sakit jantung bukan hanya ditandai dengan nyeri bagian dada saja.

Namun, penderitanya juga bisa merasakan ketidaknyamanan di beberapa bagian tubuh lainnya.

Berikut beberapa ketidaknyamanan dalam tubuh yang bisa jadi indikasi masalah jantung

1. Sakit perut 

Salah satu tanda klasik penyakit jantung adalah gangguan pencernaan. Orang sering mengasosiasikan ketidaknyamanan dengan gangguan pencernaan karena ini adalah kejadian umum.

Rasa tidak nyaman berupa sensasi terbakar di dada atau perut merupakan indikasi adanya masalah yang berhubungan dengan jantung meskipun hampir tidak mungkin untuk mengatakan dengan jelas apakah itu berhubungan dengan jantung atau masalah pencernaan.

Jika rasa tidak nyaman tidak mereda carilah bantuan medis tanpa penundaan.

2. Sesak di sekitar dada

Perasaan menyempit seperti ada pita ketat di dada atau seperti ada sesuatu yang berat diletakkan di dada adalah tanda khas komplikasi terkait jantung. Berat, sesak dan tekanan ekstra di dada sebagian besar dilihat sebagai indikator utama serangan jantung.

Jika rasa sakit yang menghancurkan di dada Anda semakin tak tertahankan dan bersifat berulang, silakan kunjungi dokter.

3. Nyeri di daerah rahang dan leher

Selama serangan jantung, rasa sakit tidak berpusat di dada, tetapi menyebar dengan cepat. Jika Anda mengalami nyeri yang tidak dapat dijelaskan di daerah rahang dan leher, hubungi saluran bantuan darurat dan cari bantuan medis. Nyeri rahang sering disalahpahami. Namun jika disertai pusing dan mati rasa pasien harus dilarikan ke rumah sakit.

4. Mual dan kembung

Ini biasanya terlihat pada wanita. Dalam hal ini pasien menjadi gelisah dan cenderung muntah sebelum merasakan nyeri dada. Tanda ini terkait dengan masalah jantung tetapi terlihat pada banyak pasien.

Oleh karena itu, ketidaknyamanan di daerah perut yang mungkin tampak seperti kembung atau penumpukan gas tidak boleh diabaikan. Kesehatan jantung: Mitos ahli jantung ingin orang berhenti percaya

5. Lelah berlebihan

Masalah yang berhubungan dengan jantung berhubungan langsung dengan fakta bahwa selama ini bagian tubuh tertentu tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga pasien mengalami sesak napas dan kelelahan. Pengerahan tenaga fisik datang dengan mudah bahkan dengan aktivitas fisik minimal.

6. Mati rasa pada betis saat berjalan

Ini adalah tanda lain dari penyakit jantung meskipun sangat jauh hubungannya dengan kondisi tersebut. "Nyeri kaki seperti ini, yang dirasakan saat Anda berolahraga dan berhenti saat Anda berhenti, bisa menjadi tanda penyakit pembuluh darah perifer (PVD), gangguan sirkulasi," kata para ahli di John Hopkins dan menjelaskan bahwa orang dengan PVD sering mengalami aterosklerosis. , penumpukan plak yang merusak di arteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro