Salah satu upaya mengakrabkan hubungan ayah dan anak./artefak
Health

Simak 10 Tips Parenting Merawat dan Mengasuh Anak

Novita Sari Simamora
Kamis, 2 Februari 2023 - 19:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang tua memiliki seni dan gaya yang berbeda dalam merawat, mengasuh dan membesarkan anak. Namun, jangan juga untuk mengajarkan anak untuk disiplin tanpa hukuman.

Dilansir dari Parents, Kamis (2/2/2023), ada beberapa tips yang bisa orang tua lakukan agar tidak frustrasi saat merawat dan membesarkan anak. Jangan lupa memberikan anak kesempatan dan ruang untuk mandiri dan mengenal dirinya sendiri.

Simak cara merawat dan mengasuh anak:

1. Tetapkan batas pintar. Anak-anak menginginkan adanya batasan, untuk membantu memahami dan mengelola dunia yang seringkali membingungkan. Tunjukkan cinta Anda dengan menetapkan batasan, agar anak Anda dapat menjelajahi dan menemukan minat mereka dengan aman.

2. Jangan memotong kemampuan anak Anda. Balita biasanya ingin menunjukkan kemandiannya kepada orang sekitarnya. Ajari mereka untuk menyimpan mainan mereka, membersihkan piring mereka dari meja, dan memakai pakaia mereka sendiri, biarkan mereka. Berikan tanggung jawab kepada anak, agar dia bertanggung jawab kepada diri sendiri, ini juga demi kewarasan Anda.

3. Jangan mencoba memperbaiki semuanya. Berikan anak-anak kecil kesempatan untuk menemukan solusi bagi diri mereka sendiri. Ketika Anda dengan penuh kasih mengakui adanya frustrasi kecil, maka Anda mengajari mereka kemandirian dan ketahanan.

4. Ingatlah bahwa disiplin bukanlah hukuman. Menegakkan batasan sebenarnya tentang mengajari anak-anak bagaimana berperilaku menjadi seseorang yang lebih baik. Disiplin juga akan membantu mereka menjadi kompeten, peduli, dan memegang kendali.

5. Anak-anak tidak dapat menyerap terlalu banyak aturan. Lupakan berdebat tentang hal-hal kecil seperti pilihan mode dan sesekali bahasa toilet. Berfokuslah pada hal-hal yang benar-benar penting seperti tidak boleh memukul, berbicara kasar, atau berbohong.

6. Ciptakan waktu berkualitas Anda sendiri. Bermain dengan anak-anak Anda. Biarkan mereka memilih aktivitas, dan jangan khawatir tentang aturan. Ikuti saja arusnya, dan bersenang-senanglah. Itulah nama permainannya.

7. Membaca buku bersama setiap hari. Mulailah saat mereka baru lahir; bayi suka mendengarkan suara orang tuanya. Berilah pelukkan kepada anak Anda. Buku akan memberikan pengalaman dan ikatan yang hebat, sehingga membuat mereka siap untuk membaca seumur hidup.

8. Jadwalkan waktu khusus harian. Biarkan anak Anda memilih aktivitas di mana Anda berkumpul bersama selama 10 atau 15 menit tanpa gangguan. Tidak ada cara yang lebih baik bagi Anda untuk menunjukkan cinta Anda.

9. Waktu keluarga. Sumber daya terbesar yang belum dimanfaatkan yang tersedia untuk meningkatkan kehidupan anak-anak kita adalah waktu bersama orang tua mereka. Anak-anak yang sudah sekolah biasanya lebih mudah dalam masalah, dan umumnya mereka mengatasi persoalan dengan lebih baik, sekali bisa menganggap sebagai pelajaran dalam kehidupan.

10. Membuat kenangan hangat. Anak-anak Anda mungkin tidak akan mengingat apa pun yang Anda katakan kepada mereka, tetapi mereka akan mengingat ritual keluarga—seperti waktu tidur dan malam permainan—yang Anda lakukan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro