Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com
Health

Benarkah Kopi Bisa Cegah Ngantuk dan Meningkatkan Energi? Begini Menurut Sains

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 5 Februari 2023 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak peminum kopi mengklaim jika kopi bisa menambah energi tubuh terutama di pagi hari. Kopi juga dianggap bisa menghilangkan kantuk.

Tetapi, nyatanya kopi mungkin tidak memberi Anda sebanyak energi yang Anda pikirkan. Hal ini berkaitan dengan kafein dan adenosin.

Stimulan utama dalam kopi adalah kafein. Dan cara utama kafein bekerja adalah dengan mengubah cara sel-sel di otak kita berinteraksi dengan senyawa yang disebut adenosin.

Adenosine adalah bagian dari sistem yang mengatur siklus tidur dan bangun dan bagian dari mengapa aktivitas tingkat tinggi menyebabkan kelelahan.

Saat kita menjalani hari-hari kita dan melakukan banyak hal, tingkat adenosin meningkat karena dilepaskan sebagai produk sampingan saat energi digunakan dalam sel kita.

Akhirnya adenosin berikatan dengan reseptornya yang memberi tahu sel untuk melambat, membuat kita merasa mengantuk.

Inilah mengapa Anda merasa lelah setelah seharian beraktivitas. Saat kita tidur, penggunaan energi menurun menurunkan kadar adenosin saat dikocok kembali ke bentuk lain. Anda bangun di pagi hari dengan perasaan segar. 

Jika Anda masih merasa mengantuk saat bangun, kafein bisa membantu, untuk sementara. Ini bekerja dengan mengikat reseptor adenosin, yang dapat dilakukan karena bentuknya serupa.

Tapi itu tidak begitu mirip sehingga memicu sinyal pelambatan mengantuk seperti yang dilakukan adenosin.

Sebaliknya itu hanya mengisi bintik-bintik dan menghentikan pengikatan adenosin di sana. Inilah yang mencegah rasa kantuk.

Ini karena kafein tidak akan mengikat selamanya, dan adenosin yang diblokirnya tidak hilang. Jadi akhirnya kafein rusak, melepaskan reseptor dan semua adenosin yang telah menunggu dan menumpuk dan perasaan mengantuk kembali, kadang-kadang sekaligus.

Berapa banyak adenosin bebas dalam sistem Anda, yang belum melekat pada reseptor, dan seberapa mengantuk Anda akibatnya akan memengaruhi seberapa banyak kafein yang Anda minum membangunkan Anda. Jadi, kopi yang Anda minum di kemudian hari, saat Anda merasa lebih mengantuk, sistem Anda mungkin terasa lebih bertenaga.

Jika terlalu siang, kafein dapat membuat Anda sulit tidur pada waktu tidur. Manusia, memetabolisme kafein secara berbeda, jadi bagi sebagian dari kita efeknya hilang lebih cepat.

Peminum kopi biasa mungkin merasakan "pukulan" kafein yang lebih sedikit, dengan toleransi terhadap stimulan yang menumpuk seiring waktu.

Kafein juga dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres yang dapat membuat Anda merasa lebih waspada.

Ini mungkin berarti kafein terasa lebih efektif di pagi hari, karena Anda sudah mengalami peningkatan kortisol secara alami saat bangun. Dampak kopi langsung dari tempat tidur mungkin tidak terlalu kuat karena alasan ini.

Jika minuman berkafein pilihan Anda juga bergula, hal ini dapat memperburuk perasaan puncak dan perasaan hancur. Karena meskipun gula benar-benar menghasilkan energi dalam tubuh, gula bebas dalam minuman Anda dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang kemudian dapat membuat Anda merasa lelah saat penurunan terjadi setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro