Gejala kanker ovarium. /boldsky.com
Health

Ini 5 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 Februari 2023 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker adalah masalah kesehatan serius yang dapat mempengaruhi individu dari semua jenis kelamin.

Namun, wanita seringkali berisiko lebih tinggi terkena jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara, ovarium, serviks, dan endometrium.

Kanker ini dapat berdampak signifikan pada kesehatan fisik dan emosional wanita, serta kualitas hidupnya.

Monica Gulati, Dekan Eksekutif, LPU mengatakan wanita sangat rentan terhadap jenis kanker tertentu termasuk kanker payudara, kanker paru-paru, kanker ovarium, kanker serviks, dan kanker kolorektal.

Penyebab pasti kanker belum sepenuhnya dipahami, namun kanker ini dapat berkembang sebagai akibat dari berbagai faktor, termasuk genetika, gaya hidup, dan paparan polutan lingkungan.

Penting bagi wanita untuk menyadari gejala kanker ini dan menjalani pemeriksaan rutin untuk mendeteksi tanda-tanda awal penyakit.

Deteksi dini dapat membantu mendeteksi kanker pada tahap paling awal saat paling dapat diobati dan secara signifikan dapat meningkatkan peluang pemulihan.

Berikut jenis kanker yang rentan menyerang perempuan

1. Kanker paru-paru

Peningkatan merokok di kalangan wanita telah meningkatkan kejadian kanker paru-paru. Dari paparan rokok yang sama, terlihat bahwa perokok wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker paru dibandingkan perokok pria. Di antara non-perokok, wanita lebih mungkin terkena kanker paru-paru.

2. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling sering didiagnosis pada wanita yang mempengaruhi 1 dari 8 wanita seumur hidup mereka. Risiko seorang wanita terkena kanker payudara meningkat jika dia tidak aktif secara fisik. obesitas atau kelebihan berat badan setelah menopause.

Dibandingkan dengan wanita yang lebih tua dengan berat badan yang sehat, mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

3. Kanker kolorektal

Kanker kolorektal dapat berdampak signifikan pada kehidupan wanita, dengan deteksi dini, pemeriksaan rutin, pengobatan yang tepat, dan gaya hidup sehat, wanita dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini dan meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan.

Sangat penting bagi wanita untuk proaktif tentang kesehatan mereka, mendidik diri mereka sendiri tentang faktor risiko dan tanda peringatan, dan mengambil tindakan untuk mendeteksi dan mengobati kanker ini sedini mungkin. Dengan tetap mendapat informasi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, wanita dapat meningkatkan peluang mereka untuk menjalani hidup yang sehat dan memuaskan.

4. Kanker serviks

Kamini Rao, Penerima Penghargaan Padma Shree dan Kepala Mentor, Milann Fertility Center mengatakan, “Kanker serviks adalah jenis kanker yang paling umum di kalangan wanita. Itu terjadi di sel-sel serviks, pintu masuk ke rahim dari vagina.

Setiap tahun, lebih dari setengah juta wanita, sebagian besar berusia antara 35 dan 444 tahun didiagnosis menderita kanker serviks di seluruh dunia, dan penyakit ini mengakibatkan lebih dari 300.000 kematian.” karena tubuh mereka melawan infeksi.

Namun, jika tubuh Anda tidak melawan infeksi, hal itu dapat menyebabkan sel-sel leher rahim Anda berubah menjadi sel kanker. Menerima pemeriksaan ginekologi secara teratur, vaksin HPV, mendapatkan tes Pap, dan mempraktikkan seks aman adalah langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk mencegah kanker serviks.

5. Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah penyebab paling umum kelima kematian akibat kanker di kalangan wanita dan sering disebut sebagai “silent killer” karena gejalanya seringkali tidak jelas dan tidak jelas. -spesifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro