Ranna Jingga telah merilis single "Senja Tanpa Jingga"/Istimewa
Entertainment

Ranna Jingga, Pengamen Jalanan yang Sukses Luncurkan Single

MG Noviarizal Fernandez
Senin, 6 Februari 2023 - 14:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-  Nama panggung Rana Jingga adalah milik Tofan Phasupaty Ranna. Pada awal tahun ini, mantan pengamen jalanan di Yogyakarta ini akan mencoba keberuntungannya di dunia musik Tanah Air. Lewat single “Senja Tanpa Jingga” Ranna menggebrak.

Lagu romantis berlatar belakang kisah asmara pribadi Ranna. Lagu beriring petikan gitar Ranna ini  mengungkapkan kisah cinta masa lalu Ranna yang berujung dengan perpisahan yang menyedihkan. “Dia membuktikan tidak mencintai dengan meninggalkan saya,” ungkap Ranna dalam sebuah acara rilis sederhana yang berlangsung di kawasan Menteng, dikutip Senin (6/2/2023).

Lebih jauh Ranna mengungkapkan, dulu dia memanggil sang kekasih dengan nama Jingga. Sedangkan Jingga memanggil Ranna dengan Senja.

Singkatnya, “Jingga minta berpisah karena ada lelaki lain yang membuat dia bahagia”, ungkap Ranna.

Lewat Senja Tanpa Jingga itu, Ranna menyampaikan pesan kuat, cinta tidak harus memiliki. Pada akhirnya, kebahagiaan akan menemukan jalannya sendiri.

Musisi senior Adi Adrian, atau lebih dikenal sebagai Adi Kla Project, dalam kesempatan itu memberikan komentar atas lagu perdana Ranna ini.

“Saya melihat Ranna punya kemampuan. Dan kemampuan dia bagus. Karakter vokal dia kuat. Dia punya kesempatan,” ujar Adi.

Adi mengakui, tak ada yang perlu diragukan dari seorang Ranna dalam bermusik. Ranna yang biasa manggung di berbagai kesempatan ini punya kemampuan komunikasi yang baik dengan penontonnnya.

Namun demikian musisi dan produser ini mengakui, susah menebak masa dengan seorang seniman atau musisi. Dia menceritakan, ada kalanya seorang musisi biasa, dengan suara biasa, bisa melejit luar biasa. Namun tidak sedikit musisi dan penyanyi berbakat dengan karya-karya hebat justru tak mendapat tempat di hati audiens.

“Saya tidak berharap Ranna terjebat dalam rumusan yang tak pernah baku ini. Teruslah berkarya. Banjiri publik dengan karya-karya yang indah. Jangan pernah Lelah,” tukas Adi.

Hijrah dari Yogyakarta ke Ibu Kota, Ranna tak hanya mengandalkan keberuntungan. Dia punya pengalaman penjang dalam dunia tarik suara.

Selain jadi pengamen, kemudian meningkat jadi penyangi kafe, Ranna berhasil lolos menjadi kontestan ajang pencarian bakat The Voice Indonesia yang diselenggarakan di stasiun televisi Indosiar pada 2013 silam.

Karena kemampuan vokalnya, Ranna juga pernah menjadi guru vokal di Yovie Music School di kota kelahirannya tersebut.

 

Ranna mengungkapkan, Senja Tanpa Jingga lahir dengan bantuan sentuhan para sahabatnya. Dua sahabatnya, Alnando Merdeka dan Dansky Heyho, turut andil dalam penulisan lirik serta aransemen musik bergener pop folk tersebut.

Senja Tanpa Jingga memiliki konsep yang kuat dengan aransemen musik yang apik, didominasi oleh suara instrument gitar dan sentuhan perkusi dan suara sintesiser.

Mulai dirilis pada hari Jum’at, 3 Februari 2023, Senja Tanpa Jingga akan tersedia di semua digital platform, seperti: Spotify, Joox, iTunes, AppleMusic, Youtube Music dan juga TikTok.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro