9 Manfaat Brokoli, Kaya Nutrisi dan Rasanya Enak (freepik)
Health

Ini 9 Manfaat Brokoli bagi Tubuh, Kaya Nutrisi dan Rasanya Enak

Nuraini
Jumat, 10 Februari 2023 - 21:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Bahkan, sayuran ini sering diolah menjadi menu makanan pendamping air susu ibu atau MPASI. Lantas, apa saja manfaat brokoli? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Brokoli

Sebagai salah satu sayuran hijau, tentu saja brokoli memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan keterangan di situs Healthline, brokoli mengandung sejumlah nutrisi seperti; karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Selain itu, brokoli juga mengandung mineral dan vitamin, seperti; selenium, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B9 atau folat, vitamin C, dan vitamin K.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mengutip dari Healthline, berikut sejumlah manfaat brokoli untuk tubuh.

1. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam brokoli cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa antioksidan merupakan molekul yang bisa menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Itulah yang membuat brokoli bisa mencegah kerusakan sel tubuh.

2. Mengurangi peradangan

Manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu bisa mengurangi peradangan. Manfaat ini ditunjang oleh senyawa bioaktif dalam brokoli.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang merokok mengalami penurunan peradangan setelah mengkonsumsi brokoli. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah kanker

Manfaat brokoli hijau lainnya yaitu bisa mencegah beberapa jenis kanker seperti; kanker payudara, prostat, lambung atau perut, kolekteral, ginjal, hingga kandung kemih. Manfaat ini dikarenakan brokoli mengandung senyawa bioaktif yang bisa mencegah penyakit kronis tersebut.

4. Mengontrol gula dalam darah

Selain mencegah kanker, brokoli juga bisa membantu mengontrol gula dalam darah. Manfaat sayur brokoli ini ditunjang oleh kandungan antioksidan yang ada didalamnya.

Tak hanya itu, kandungan serat dalam makanan ini juga bisa mengontrol gula dalam darah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terdapat penurunan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi brokoli setiap beberapa kali selama sebulan.

5. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat brokoli untuk wanita dan pria berikutnya yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, brokoli juga mengandung serat yang tinggi bisa mengurangi risiko penyakit ini.

6. Memelihara saluran pencernaan

Kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan, terutama menunjang fungsi usus. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi brokoli akan terhindar dari sembelit.

7. Menyediakan nutrisi selama masa kehamilan

Salah satu manfaat brokoli untuk ibu hamil yaitu bisa menyediakan nutrisi selama masa kehamilan. Kandungan vitamin, mineral, dan protein dalam brokoli diketahui bisa menunjang kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

8. Menunjang perkembangan otak dan sumsum tulang belakang

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, brokoli juga memiliki manfaat yang baik untuk bayi dalam kandungan. Salah satu manfaat brokoli untuk bayi yaitu bisa membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Manfaat ini diperoleh dari kandungan folat yang ada dalam brokoli.

9.  Membantu menurunkan berat badan

Brokoli juga diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat brokoli untuk diet ini ditunjang oleh kandungan fitokimia yang bisa membakar lemak dalam tubuh. Maka dari itu, brokoli bisa menjadi salah satu menu diet yang menyehatkan.

Itulah penjelasan seputar kandungan dan manfaat brokoli untuk tubuh. Manfaat yang beragam membuat sayuran ini layak untuk dikonsumsi setiap harinya bersama menu makanan sehat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro