Tidur memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan/Freepik.com
Health

Ini Manfaat Tidur bagi Kesehatan Tubuh

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 15 Februari 2023 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Waktu tidur yang cukup bisa menghilangkan ngantuk dan juga bisa membuat pikiran dan jiwa jauh dari stres.

Tidur memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan. Sebab, dengan istirahat maka energi akan semakin pulih dan terisi, agar bertenaga pada besok harinya. Tidur memiliki manfaat yang penting, sama seperti penerapan pola makan sehat dan olahraga.

Tidur merupakan cara yang tepat untuk mencegah penyakit mental dan fisik, sekaligus mengurangi peradangan, dan bisa mengembalikan sistem metabolisme dalam tubuh. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk kesehatan tubuh yakni  diet, stress dan tidur. 

Stres menjadi salah satu penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 jam perhari, orang yang memiliki kualitas tidur yang rendah maka akan lebih mudah untuk terkena penyakit. 

Olahraga yang teratur dan memperbaiki pola tidur merupakan cara menjaga kesehatan tubuh untuk mengurangi stres. Tidak perlu takut tidak bisa ke tempat olahraga. Olahraga bisa dilakukan yakni seperti jogging, jalan kaki santai, bersepeda.

Olahraga yang teratur membuat jam tidur juga kembali teratur. Tubuh membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam per  hari. Kebiasaan bergadang atau kurang tidur bisa membuat tubuh merasa lelah dan sulit konsentrasi dan memicu berbagai penyakit.

Ini Manfaat Tidur yang cukup bagi tubuh:

1. Meningkatkan konsetrasi produktivitas

2. Meningkatkan daya ingat

3. Meningkatkan suasana hati

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

5. Menjaga kesehatan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro