9 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja_ - Pixabay
Health

Simak 9 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Nuraini
Senin, 6 Februari 2023 - 21:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidur siang tak hanya berguna untuk menghilangkan kantuk. Akan tetapi, bisa membuat badan lebih bugar.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Di tengah melakukan aktivitas sehari-hari, ada baiknya kita menyempatkan untuk tidur siang sejenak. Hal tersebut dikarenakan tidur siang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari Siloam Hospitals, berikut beberapa manfaat tidur siang untuk kesehatan.

1. Membuat suasana hati lebih baik

Salah satu manfaat tidur siang bagi wanita maupun pria yaitu bisa meningkatkan suasana hati. Tidur siang dapat mengembalikan energi dan membuat suasana hati lebih baik.

Selain itu, tidur siang juga diketahui bisa mengurangi risiko depresi. Hal tersebut dikarenakan tidur siang bisa memberikan efek samping relaksasi saat stres dan jenuh dengan aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat tidur siang untuk anak maupun orang dewasa diketahui bisa meningkatkan imun tubuh. Tidur siang diketahui bisa mengurang norepinefrin dan sitokin inflamasi bisa mengendalikan imun tubuh.

3. Mencegah penyakit jantung

Efek samping tidur siang selain bisa meningkatkan imun tubuh, ternyata bisa mencegah penyakit jantung. Sebuah studi dari peneliti Universitas Tokyo, menyebutkan bahwa tidur siang selama 30 menit bisa mengurangi risiko serangan penyakit jantung. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut terkait manfat ini.

4. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat tidur siang bagi anak juga diketahui bisa meningkatkan konsentrasi. Hal tersebut dikarenakan tidur siang bisa menurunkan adenosin dalam otak yang menyebabkan rasa kantung. Saat adenosin menurun, maka otak akan bekerja dengan optimal dan bisa lebih konsentrasi.

5. Memaksimalkan ingatan

Selain bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, tidur siang juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Meskipun demikian, tidur siang yang terlalu lama juga bisa menyebabkan demensia. Oleh karena itu, perhatikan durasi tidur siang yang ideal.

Manfaat Tidur Siang untuk Ibu Hamil

Tidur siang juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Dilansir dari situs Rumah Sakit An-Nisa Tangerang, berikut beberapa manfaat tidur siang untuk ibu hamil.

1. Mengurangi rasa lelah

Ibu hamil biasanya akan mudah lelah. Tidur siang diketahui bisa mengatasi rasa lelah yang dialami wanita hamil.

2. Mencegah bayi lahir prematur

Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang rutin tidur di siang hari memiliki risiko lebih kecil melahirkan bayi prematur.

3. Mengurangi sakit kepala

Ibu hamil juga sering mengalami sakit kepala. Salah satu cara mengatasi gangguan kesehatan ini yaitu dengan rutin tidur siang.

4. Mengatasi insomnia saat hamil

Tidur siang juga ternyata bisa mengatasi insomnia saat hamil. Akan tetapi, manfaat ini akan didapatkan apabila durasi tidur tidak terlalu lama. Pasalnya, tidur siang yang terlalu lama bisa membuat ibu hamil sulit tidur saat malam hari.

Berapa Lama Waktu Tidur Siang yang Baik?

Tidur siang memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, tidur siang yang terlalu lama atau sebentar justru bisa menyebabkan efek samping kurang baik.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan durasi tidur siang yang ideal. Tidur siang cukup dilakukan 20 atau 90 menit. Sementara itu,  waktu tidur siang yang dianjurkan antara pukul 13.00 sampai 15.00.

Itulah penjelasan seputar manfaat tidur siang dan durasi tidur siang yang ideal. Mulai saat ini, sebaiknya biasakan diri untuk tidur siang agar tubuh lebih bugar dan bersemangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro