6 Cara Agar Cepat Tidur, Apa Saja_ - Freepik
Health

Simak 6 Cara Agar Cepat Tidur yang Ampuh dan Mudah, Apa Saja?

Nuraini
Rabu, 15 Februari 2023 - 20:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cara agar cepat tidur menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas tidur.

Kesulitan tidur atau yang dikenal juga dengan insomnia menjadi salah satu permasalahan yang membuat tidak nyaman.

Jika hal tersebut terjadi sekali dua kali tentu tidak akan menjadi masalah dan tidak akan membahayakan. Tetapi jika permasalahan tersebut sering terjadi, maka akan membahayakan kondisi kesehatan karena kekurangan tidur.

Bagaimana Cara Agar Bisa Cepat Tidur?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu Anda tidur dengan cepat, sehingga kualitas tidur tetap terjaga. Simak penjelasannya di bawah ini

1. Hindari Menggunakan Benda Elektronik Sebelum Tidur

Cara agar cepat tidur yang pertama yaitu dengan mematikan gadget sebelum Anda tidur. Setidaknya Anda perlu mengistirahatkan diri dari benda elektronik 1,5 jam sebelum tidur di malam hari. 

Jika pada saat tengah malam Anda terbangun, maka jangan menyalakan ponsel. Cahaya ponsel ini akan menurunkan produksi hormon melatonin yang dapat membuat tidur Anda terganggu.

2. Tidak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Sebelum tidur, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tinggi lemak. Pasalnya mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi sebelum tidur akan membuat Anda kesulitan tidur. Hal ini membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak yang dikonsumsi. 

Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi kafein pada malam hari atau pada saat menjelang waktu tidur. Konsumsi minuman yang tinggi kafein jelas akan membuat Anda kesulitan tidur dan bisa membuat Anda terjaga bahkan semalaman.

3. Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat

Cara tidur cepat lainnya bisa dengan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih cepat tidur karena hormon tryptophan pada tubuh akan membuat Anda lebih mengantuk. 

Meskipun demikian, konsumsi karbohidrat terutama di malam hari ini tidak boleh berlebihan. Selain itu, cara ini juga masih perlu pengkajian lebih lanjut. 

4. Mandi dengan air hangat

Cara supaya cepat tidur selanjutnya bisa dengan mandi menggunakan air hangat. Cara ini bisa membantu Anda untuk lebih cepat tidur karena tubuh menjadi lebih rileks dan akan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

5. Berlatih pernapasan

Cara agar tidur cepat selanjutnya yaitu dengan melatih pernapasan Anda. Cara ini sangat mudah dilakukan yaitu Anda hanya perlu mengambil napas melalui hidung dengan empat hitungan. 

Setelah itu, Anda bisa tahan napas selama tujuh hitungan dan hembuskan perlahan melalui mulut dalam delapan hitungan. Cara ini bisa diulangi selama empat kali dan lakukan dengan rutin. Latihan pernapasan akan membantu Anda untuk lebih rileks dan bisa membuat lebih mudah untuk mengantuk.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan terapi gelomang otak atau dengan melakukan pengobatan herbal untuk membantu Anda lebih cepat tidur. Konsumsi daun kratom dipercaya mampu mengobati permasalahan tidur Anda. Konsumsi segelas susu hangat juga bisa membantu untuk tidur lebih cepat. 

6. Tidur di jam yang sama

Cara untuk tidur dengan cepat selanjutnya yaitu dengan tidur di jam yang sama. Hal ini akan membantu tubuh lebih terbiasa dan terlatih. Pastikan jam tidur yang dipilih tidak terlalu malam sehingga Anda akan memiliki kebiasaan tidur yang baik.

Itulah beberapa cara agar cepat tidur. Apabila permasalahan terkait dengan kesulitan tidur masih sering terjadi maka Anda perlu melakukan konsultasi kepada dokter afar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro