Ilustrasi-Vaksin/Reuters
Health

Waspadai Beragam Penyakit Transisi Pandemi ke Endemi Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 19 Februari 2023 - 09:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia kini sedang memasuki tahap transisi pandemi ke endemi covid, menyusul kasus yang melandai.

Meski covid melandai, namun masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada terhadap covid, termasuk juga penyakit yang muncul saat transisi pandemi ke endemi.

Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril dalam Workshop Transisi Dari Pandemi ke Endemi mengatakan ada beberapa penyakit menular dan tidak menular yang harus diwaspadai masyarakat.

Adapun, ada beberapa penyakit yang kini harus diwaspadai dan muncul di Indonesia berikut ini

1. Polio

Penetapan status Indonesia menjadi KLB Polio menyusul ditemukannya satu kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh November 2022.

Menurut data Kemenkes, kasus polio ditemukan pada anak berusia 7 tahun 2 bulan. Dari hasil tes, anak tersebut mengidap Virus Polio Tipe 2 dan Sabin Tipe 3, dengan gejala awal mengalami sakit demam, muncul nyeri pada persendian, dan kelemahan anggota gerak.

Ini adalah kejadian pertama sejak Indonesia dinyatakan bebas polio pada tahun 2014, di mana Indonesia mendapatkan sertifikat eradikasi polio (Indonesia bebas Polio).

2. Campak

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebut ada 12 provinsi yang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus campak.

“Ada 12 provinsi yang menetapkan status KLB,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi pada, Kamis (19/1/2023).

la menyampaikan, kasus campak telah dilaporkan ada di 31 provinsi.

“Ada 3.341 kasus di tahun 2022 yang dilaporkan di 223 kabupaten atau kota dari 31 provinsi,” ungkap dia.

Saat ini, kasus campak tak hanya menyerang usia anak dan balita saja, namun Juga segala usia.

3. Gagal ginjal akut

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat kasus gagal ginjal akut misterius (acute kidney injury/AKI) mencapai 304 kasus per tanggal 31 Oktober 2022.

Angka kematian yang saat ini mencapai 159 anak.

4. Diabetes melitus pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merilis data yang menunjukkan bahwa prevalensi anak penderita diabetes meningkat 70 kali lipat pada Januari 2023 dibanding 2010.

Endemi adalah penyakit yang biasanya mewabah di suatu wilayah tertentu. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), endemi mengacu pada kehadiran suatu wabah penyakit terus menerus pada populasi di bentang geografis tertentu, seperti satu wilayah, negara, atau benua.

Lainnya, mengartikan endemi adalah wabah penyakit yang secara konsisten ada, tetapi terbatas pada wilayah tertentu, sehingga hal ini yang membuat penyebaran penyakit dan tingkat penularan dapat diprediksi dan virus tidak hilang sepenuhnya, hanya saja sudah lebih terkendali.

Ada beberapa indikator pandemi bisa jadi endemi, antara lain meningkatnya kekebalan masyarakat melawan virus. Selain itu, menurunnya angka infeksi alamiah sehingga jumlah pasien dan angka kematian akibat virus menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro