Rumus Trigonometri dan Penerapannya di Kehidupan Sehari-hari (pexels)
Relationship

Rumus Trigonometri dan Penerapannya di Kehidupan Sehari-hari

Nuraini
Nuraini
Rabu, 1 Maret 2023 - 22:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Trigonometri menjadi salah satu materi dalam ilmu matematika yang mempelajari hubungan antar sudut pada sisi segitiga.

Rumus trigonometri ini tidak hanya satu karena dalam trigonometri dinyatakan sebagai perbandingan yaitu sinus, cosinus, dan tangen. 

Perbandingan tersebut akan membuat Anda lebih mudah untuk menentukan panjang sisi dari segitiga meskipun hanya diketahui salah satu panjang sisi dan sudutnya saja. 

Rumus Trigonometri Lengkap

Jika ingin mengenal lebih lanjut tentang rumus trigonometri maka Anda juga perlu mengenal tentang jenis trigonometri. Trigonometri ini memuat perbandingan sisi segitiga terhadap sudutnya sehingga dapat diperoleh sinus, cosinus, dan tangen. Simak penjelasan rumus persamaan trigonometri selengkapnya berikut ini!

1. Sinus

Sinus yang biasa disingkat dengan Sin merupakan perbandingan antara panjang sisi depan sudut dan panjang sisi miring dengan rumus sebagai berikut.

Sin α = yr = BCAC

2. Cosinus

Cosinus yang disebut juga dengan cost merupakan perbandingan antara panjang sisi samping sudut dengan panjang sisi miring. Rumus cosinus yaitu sebagai berikut.

Cos α = xr = ABAC

3. Tangen

Tangen atau yang dikenal juga dengan tan merupakan perbandingan dari panjang sisi depan sudut dengan panjang sisi samping sudut yang dirumuskan sebagai berikut. 

Tan α = yx = BCAB

Apabila melihat persamaan tersebut tan dapat didefinisikan sebagai perbandingan sinus dan cosinus dengan rumus sebagai berikut.

Tan α = sin a cos a = yr x / r

Tan α = yx

Dalam mempelajari trigonometri khususnya pada segitiga Anda perlu memahami terlebih dahulu sisi yang ada pada sebuah segitiga berdasarkan dari letak sudut yang terbagi tiga sisi. 

Ada sisi depan sudut, sisi bagian samping sudut, serta sisi bagian miring atau hipotenusa. Sisi miring ini ada di bagian sudut depan siku segitiga.

Berikut ini merupakan rumus perbandingan trigonometri. Agar dapat menghafalkan lebih mudah rumus dari sin, cos, tan, ini anda perlu mengingat cara mudah di bawah ini

  • sin( α ) = DeMi (sisi depan sudut dibagi dengan sisi miring)
  • Cos ( α ) = SaMi (sisi samping sudut dibagi sisi miring)
  • Tan ( α ) = DeSa (sisi depan sudut dibagi dengan sisi samping sudut)

Pada trigonometri juga dikenal sudut dengan nilai istimewa antara ada sudut 0°, 30°, 45°, 60°, dan 90°.

Rumus identitas trigonometri merupakan rumus yang menyatakan suatu hubungan antara satu fungsi dengan fungsi lainnya. Sebagai contoh untuk fungsi sec2x setara dengan satu di tambah tan2x

Dapat juga dituliskan dengan rumus sec2x = 1 + tan2x.

Aplikasi Rumus Trigonometri di Kehidupan Sehari-hari

Rumus rumus trigonometri tak hanya sebatas teori saja. Terbukti banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menerapkan teori rumus trigonometri pada kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini beberapa contoh dari aplikasi rumus trigonometri pada kehidupan sehari-hari.

  1. Dapat untuk mengukur ketinggian pohon tanpa Anda perlu memanjatnya. Caranya sangat mudah yaitu dengan memanfaatkan sudut elevasi dari pandangan mata kita terhadap pohon yang ingin diukur ketinggiannya.
  2. Dapat mengukur ketinggian dari Gedung dengan menggunakan konsep yang sama seperti pada pengukuran pohon yaitu dengan memanfaatkan sudut elevasi pandangan. 
  3. Dapat mengukur kemiringan jalan ataupun jembatan sehingga tidak akan membahayakan pengguna jalan yang melintas.
  4. Dapat memperkirakan bola bisa masuk ke gawang dengan tepat melalui pengaturan elevasi sudut. 

Itulah penjelasan seputar rumus lengkap trigonometri yang perlu Anda ketahui dan merupakan dasar dari trigonometri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami