Telur rebus/diabetesfoundationorg
Health

Ini 6 Camilan Sehat yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Elsa Hayati Sukma
Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki gula darah yang tinggi dapat memicu terjadinya diabetes. Diabetes dapat dialami oleh siapa saja dan tidak memandang usia untuk itu batasi asupan makanan dan camilan agar tubuh tetap terjaga. 

Bagi penderita diabetes memiliki tantangan dalam memilih camilan yang ingin dikonsumsi, karena apabila tidak hati-hati dan sembarangan maka akan mengakibatkan gula darah semakin naik. 

Kunci dari makanan untuk penderita diabetes adalah kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut seperti protein, serat, antioksidan, dan lemak sehat yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. 

Penting untuk penderita diabetes maupun pra-diabetes untuk memilih makanan yang terbaik bukan hanya mengatur rasa lapar tetapi juga mengatur kadar gula darah.

Berikut 6 camilan sehat yang cocok untuk penderita diabetes:

1. Telur rebus

Telur rebus mengandung kaya akan protein, selain rasanya yang enak telur juga dapat dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Dalam 1 butir telur rebus mengandung 6 gram protein yang bermanfaat bagi tubuh. Protein dalam telur rebus tidak mengakibatkan kadar gula darah menaik.

Penderita diabetes bisa mengkonsumsi telur rebus cukup matang dan bisa dimakan langsung atau dicampur dengan saus. 

2. Wortel goreng 

Tidak hanya mengandung vitamin yang baik bagi kesehatan mata ternyata wortel dapat menjadi salah satu cemilan untuk penderita diabetes.

Cara mengkonsumsi nya cukup dengan memotong wortel yang telah dibersihkan kemudian iris tipis dan tumis dengan sedikit minyak zaitun sampai wortel tersebut layu dan matang. 

3. Tumis brokoli dan almond 

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang kaya akan kandungannya bagi kesehatan, tetapi tidak hanya brokoli kacang almond juga mengandung 15 vitamin dan mineral yang dapat mengontrol diabetes.

Kandungan yang terdapat dalam brokoli dapat membantu mengendalikan peradangan dan menjadikannya makanan ideal yang cocok untuk diabetes. 

4. Buncis 

Buncis dianggap sebagai makanan super Diabetes karena kandungan serat yang kaya, Renyah, dipanggang, dan nikmat. Buncis dapat dikonsumsi sebagai cemilan dengan cara dikukus dan disajikan dengan saus atau bisa dengan di tumis dengan minyak yang sedikit. 

5. Kacang Almond 

Mengandung protein, asam lemak, magnesium dan potasium almond ternyata menjadi salah satu cemilan yang cocok untuk diabetes. Mengkonsumsi almond sangat mudah dapat dengan dimakan langsung atau kalian dapat anda jadikan selai untuk roti. 

6. Ubi Jalar 

Ubi jalar mengandung karbohidrat lepas lambat, hormon adiptopenekin. Kedua kandungan tersebut dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Cara mengkonsumsinya cukup mudah dengan merebus/kukus ubi tersebut sampai matang. 

Bagi penderita diabetes cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan ini sebagai pengganti makanan yang tidak bisa dimakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro