Catat, Ini Cara Agar Tidak Haus Saat Puasa (pexels)
Health

Catat, Ini Cara Agar Tidak Haus Saat Puasa Seharian

Nuraini
Sabtu, 18 Maret 2023 - 01:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa adalah ibadah yang mengharuskan seorang muslim menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan, termasuk makan dan minum.

Ketika kurang minum, tubuh akan kekurangan cairan tubuh sehingga timbul sensasi haus. Lantas, bagaimana cara agar tidak haus saat puasa? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Doa Agar Tidak Haus Saat Puasa

Seorang ulama yang biasa dipanggil dengan nama Guru Zaini Sekumpul, pernah menyampaikan  cara agar puasa tidak haus. Pesan tersebut berbunyi “Kalau ingin bulan puasa tidak merasa kehausan, setelah sahur ambil secangkir air putih, dan baca surah al-Kautsar 7x untuk ditiupkan ke air tersebut. Minum air tersebut dan bagikan ke keluarga.”

Tips Puasa Agar Tidak Haus

Setelah makan sahur, minyak yang berasal dari makanan masih menempel di kerongkongan. Justru inilah yang dapat memicu rasa haus saat puasa, walaupun sudah minum banyak air pada waktu sahur. 

Cara agar puasa tidak haus bisa dengan meminum air hangat ketika sahur. Air hangat berguna untuk menggelontorkan minyak yang menempel sehingga kerongkongan terasa lega. 

Minum air hangat harus dilakukan di akhir kegiatan sahur. Air hangat berfungsi sebagai penghilang sisa-sisa minyak di kerongkongan. Jadi, sebisa mungkin untuk tidak makan lagi setelah minum air hangat. Apabila makan lagi, maka peran dari air hangat sebagai cara agar puasa tidak haus menjadi tidak maksimal. 

Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa

Selain itu, terdapat beberapa cara lain untuk menghilangkan rasa haus saat sedang berpuasa. Berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa haus saat puasa. 

  • Mengatur asupan cairan saat sahur dan berbuka

Cara agar tidak haus saat puasa yang pertama yaitu mengatur cairan yang masuk ke tubuh. Saat puasa, asupan cairan tubuh tetap harus terpenuhi. Mengatur asupan cairan tubuh menjadi salah satu cara menghilangkan rasa haus saat puasa. Caranya dengan meminum sebanyak 2 gelas air saat sahur, 3 gelas air saat berbuka puasa, dan 3 gelas air setelah tarawih atau sebelum tidur. 

  • Menghindari konsumsi kafein di waktu sahur

Minuman yang mengandung kafein dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan tubuh melalui urin. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman berkafein di bulan Ramadhan.

  • Menghindari makanan pedas dan asin

Cara supaya tidak haus saat puasa juga bisa dengan menghindari makanan pedas dan asin. Mengkonsumsi makanan asin dapat mengganggu keseimbangan cairan tubuh dan membuat tubuh menjadi cepat haus. Makanan pedas memang dapat meningkatkan nafsu makan, tetapi dapat menyebabkan masalah kesehatan lambung.

  • Mengonsumsi sayur dan buah

Nutrisi dari sayur dan buah dapat membantu cairan tubuh untuk bertahan lebih lama. Jadi, cara mengatasi haus saat puasa bisa dengan mengkonsumsi sayur dan buah di waktu sahur. 

  • Mengkonsumsi yoghurt

Cara mengatasi haus saat puasa bisa dengan mengkonsumsi yoghurt di kala sahur. Yoghurt mengandung 85% air sehingga baik dikonsumsi saat sahur. Namun, sebaiknya tidak mengkonsumsinya saat perut sedang kosong ya. 

  • Mengonsumsi kurma

Tips gak haus saat puasa bisa dengan mengkonsumsi kurma. Konsumsi kurma di saat sahur dan berbuka puasa merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT.

  • Mengurangi aktivitas berat

Tips gak haus saat puasa selanjutnya yaitu dengan mengurangi aktivitas di siang hari. Berada di bawah sinar matahari dapat menguapkan cairan tubuh. Dengan demikian, rasa haus menjadi lebih terasa. Maka dari itu, sebaiknya kurangi aktivitas berat di siang hari.   

Itulah beberapa cara agar tidak haus saat puasa. Pilihlah cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain mencegah dehidrasi, cara di atas juga membuat tubuh lebih bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro