Ketupat/Unsplash
Relationship

Mengenal Sejarah Ketupat, Makna dalam Islam dan Cara Membuatnya

Hana Fathina
Senin, 20 Maret 2023 - 23:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketupat adalah makanan yang khas disajikan bertepatan pada Hari Raya Idul Fitri. Ketupat dimakan dengan berbagai lauk dan makanan pendamping lainnya seperti opor, sambal goreng kentang ataupun daging. 

Bahan utama ketupat adalah beras yang dimasukkan ke dalam anyaman janur atau daun kelapa muda yang berbentuk persegi empat. Tradisi makan ketupat Ketika lebaran tersebar di seluruh Indonesia. Apalagi setiap daerah memiliki cara makan ketupat masing-masing. Ketupat sudah menjadi bagian dari budaya makanan Indonesia. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang ketupat yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Makna ketupat dalam islam

  • Kesalahan
    Ketupat adalah salah satu makanan yang memiliki bentuk yang unik, dibungkus dengan bentuk anyaman yang begitu rumit rupanya mengandung makna tentang kesalahan yang dibuat oleh manusia. 
  • Sucinya hati 
    Jika kamu perhatikan, Ketika kamu ingin memakan sebuah ketupat maka kamu harus mengupas bagian luar ketupat dengan teliti agar tidak ikut kemakan. Setelah terbuka maka kamu akan melihat sebuah nasi putih yang sudah dibentuk dengan sedemikian rupa, nasi tersebut diibaratkan sebagai hati Ketika Idul Fitri dimana semua dosa dan kesalahan akan diampuni. 
  • Permintaan maaf
    Ada salah satu pepatah Jawa yang menyebutkan “Kupat Santen” yang artinya “Kulo Lepat Nyuwun Ngapunten” (jika saya salah mohon maaf). Oleh karena itu dalam Islam kupat juga diartikan sebagai permintaan maaf. 
  • Kesempurnaan 
    Jika kamu perhatikan setiap ketupat yang disajikan pasti memiliki bentuk yang begitu sempurna, hal tersebut mencerminkan kesempurnaan yang didapat bagi mereka yang berhasil memenangkan pertempuran puasa melawan hawa nafsu selama 1 bulan penuh.

2. Sejarah ketupat

Kata “Ketupat” atau “Kupat” berasal dari bahasa Jawa “ngaku lepat” yang berarti “mengakui kesalahan”. Sehingga dengan ketupat sesame Muslim diharapkan mengakui kesalahan dan saling memaafkan serta melupakan kesalahan. 

Bungkus yang dibuat dari janur kuning melambangkan penolakan bala bagi orang Jawa. Sedangkan bentuk segi empat mencerminkan prinsip “kiblat papat lima pancer” yang bermakna bahwa kemanapun manusia menuju, pasti selalu kembali ke Allah SWT. 

Rumitnya anyaman bungkus ketupat mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia. Sedangkan warna putih ketupat Ketika dibelah dua mencerminkan kebersihan dan kesucian setelah mohon ampun dari kesalahan. Beras sebagai isi ketupat diharapkan menjadi lambang kemakmuran setelah hari raya. 

Biasanya ketupat disajikan bersama opor ayam dan sambal goreng. Ini pun ternyata ada makna filosofisnya. Opor ayam menggunakan santan sebagai salah satu bahannya. Santan dalam bahasa Jawa disebut dengan Santan yang memiliki makna “pangapunten” alias memohon maaf. 

3. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ketupat

  • Beras sesuai dengan jumlah ketupat yang dibutuhkan.
  • Air matang.
  • Garam.
  • Daun pandan (2 sampai 3 helai).
  • Bungkus anyaman ketupat.

Cara membuat ketupat:

  • Masukkan beras ke dalam baskom yang berukuran sedang dan cuci menggunakan air bersih mengalir.
  • Ganti air pada baskom dan rendam kira-kira 10 hingga 15 menit.
  • Taburkan garam atau bumbu penyedap lalu aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat.
  • Setelah bumbu lumayan meresap, buang air rendaman dan tiriskan beras selama beberapa menit.
  • Jika beras sudah lumayan kering, masukkan ke dalam anyaman ketupat bersama potongan daun pandan. Daun pandan akan memberikan rasa gurih dan menciptakan wangi yang mengundang selera.
  • Rebus air hingga setengah mendidih dan masukkan ketupat hingga benar-benar terendam.
  • Tunggu 4 hingga 5 jam sebelum ketupat diangkat.
  • Celupkan ke dalam air dingin selama beberapa menit dan tiriskan dengan cara digantung. 

Itulah serba-serbi tentang ketupat yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro