Penyanyi, Once Mekel/Antara
Entertainment

Ini Penyebab Once Hanya Bisa Bawakan Satu Lagu Dewa Saat Konser

Newswire
Newswire
Sabtu, 1 April 2023 - 15:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lagu milik Dewa 19 berjudul "Cemburu" menjadi satu-satunya lagu dalam setlist atau daftar urutan lagu yang akan dibawakan oleh Once Mekel ketika tampil di atas panggung karena lagu tersebut diciptakan dirinya bersama dengan Ahmad Dhani.

"Saya ikut menulis lagu 'Cemburu' dan saat ini saya rasa hanya itu satu-satunya lagu Dewa 19 yang akan saya bawakan manggung. Dari dulu juga saya begitu, tidak pernah membawakan banyak lagu Dewa 19 misalnya sampai sepuluh lagu. Buat apa?" jelas Once Mekel saat konferensi pers di Kios Ojo Keos, Cilandak Jakarta Selatan, Jumat (31/3).

Pentolan band Dewa 19 Ahmad Dhani secara tegas melarang mantan vokalisnya Once Mekel untuk membawakan lagu-lagu band asal Surabaya tersebut, utamanya sepanjang tur band yang akan digelar tahun ini.

Lebih lanjut Once mengungkapkan bahwa dirinya masih menjunjung tinggi nilai etika untuk tidak membawakan banyak lagu Dewa 19 saat tampil sebagai penyanyi solo. Menurutnya, Dewa 19 punya kekuatan deret lagu yang sebetulnya tidak perlu dibenturkan dengan karier solonya.

"Saya jauh di bawah Dewa 19, hanya penyanyi solo biasa. Saya sadar bahwa saya tidak bisa membawakan banyak lagu Dewa 19. Dulu, mungkin hanya tiga lagu paling banyak. Tidak pernah saya bawakan banyak lagu Dewa 19 sehingga membingungkan orang untuk mengundang saya atau band itu," beber Once.

Terkait perkembangan polemik ini dan karier solonya, penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel itu menekankan kepada setiap pihak penyelenggara acara bahwa tidak banyak lagu Dewa 19 di setiap penampilannya.

"Harus diberikan pemahaman bahwa saya hanya akan membawakan satu lagu yang saya ikut menciptakan. Jadi, pihak penyelenggara nggak perlu takut, artinya kita dilindungi undang-undang dan tunduk aturan yang berlaku. Bukan tunduk pada aspirasi masing-masing orang yang hanya melontarkan perasaan," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, kuasa hukum dari Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian mengungkapkan bahwa kliennya melarang Once Mekel untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 yang sebagian besar diciptakan oleh Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan.

"Lagu 'Cemburu' tentu menjadi ranah mereka berdua karena Mas Dhani dan Once sama-sama punya hak. Kalau Mas Once ingin menyanyikan lagu yang ia ciptakan, tentu saja dia berhak. Begitu pula Mas Dhani, dia juga punya hak. Keduanya punya hak untuk lagu tersebut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami