Ilustrasi emosi/istimewa
Health

Ini 6 Cara Komunikasi Agar lebih Bermakna

Elsa Hayati Sukma
Senin, 3 April 2023 - 20:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Komunikasi  yang baik merupakan kunci sukses menjalin hubungan yang sehat dan bermakna. Menjalin hubungan yang sehat dengan pasangan merupakan bentuk, rasa saling menghargai dan percaya pasangan satu sama lain. 

Saat komunikasi berjalan dengan baik, maka hubungan pun akan terhindar dari konflik yang menyebabkan keretakan hubungan. Setiap hubungan membutuhkan komunikasi yang berkualitas, karena menjadi bagian penting dalam menjalin sebuah hubungan sehat dan efektif kepada pasangan.

Komunikasi yang sehat dan bermakna bukan menjadi hal yang sulit untuk diterapkan.

Dilansir melalui Psychology Today berikut 6 cara yang dapat dilakukan agar komunikasi lebih bermakna:

1. Dengarkan dengan penuh perhatian

Ketika berbicara dengan pasangan mendengarkan dengan seksama dan memberikan respon yang baik merupakan bentuk perhatian atas apa yang diucapkan. Mendengarkan merupakan salah satu perhatian dan menunjukan rasa kepedulian terhadap pasangan dengan mendengarkan pasangan saat bercerita merupakan suatu dukungan dan rasa senang karena di dengarkan.

2. Dengarkan untuk memahami Perspektif 

Mendengarkan menjadi salah satu cara yang digunakan saat seseorang merasa sangat ingin dilihat dan didengarkan. Mendengarkan secara aktif berarti memperhatikan kata- kata pasangan dan memahami perspektifnya. 

Bagian yang paling penting saat mendengarkan adalah dapat merasakan dan memahami kata-kata yang didengarkan. Hal itu menunjukan bahwa orang orang lain telah mendengarkan perasaan yang diungkapkannya.  Cara ini dapat memberikan ruang pada pikiran kita untuk mendengarkan perspektif orang lain juga. 

3. Validasi pengalaman dan Emosi 

Validasi pengalaman dan emosional adalah ketika salah satu pasangan dapat memahami dan menerima pengalaman emosional pasangannya. Validasi dalam hubungan tidak hanya mengulangi apa yang dikatakan oleh pasangan tetapi dapat dengan cara menunjukan pemahaman melalui kata-kata, tindakan, dan gerak tubuh lainnya. Dengan Memvalidasi pengalaman seseorang dapat lebih merasakan rasa menghargai makna tentang pengalamannya dan orang lain.

4.  Membagikan Tentang Pengalaman 

Membagikan pengalaman yang pernah dialami merupakan suatu metode validasi dari pengalaman orang lain untuk memberi tahu bahwa dirinya tidak sendirian dalam merasakan pengalaman tersebut.

Salah satu cara yang tepat untuk membagikan pengalaman dengan cara berhati-hati dalam membedakan rasa nyaman dalam situasi tertentu atau untuk lebih mempertimbangkan pengalaman yang ingin dibagikan. 

5. Kesamaan 

Memiliki kesamaan akan lebih mudah untuk mengerti satu sama lain, peneliti menunjukan memiliki kesamaan cenderung merasa terhubung dengan orang lain ketika dapat melihat dan berbagi realitas tertentu. Memiliki kesamaan juga dapat membantu membangun jembatan yang stabil agar dapat lebih mudah mendiskusikan hal-hal yang tidak disukai. 

6.  Mengungkapkan  kasih sayang dan bersyukur

Mengungkapkan rasa kasih sayang merupakan salah satu memperkuat hubungan. Mengungkapkan kasih sayang dapat dilakukan melalui beberapa hal seperti mengungkapkan dengan kata-kata, memberikan hadiah, menghargai setiap usahanya dan selalu mendengarkannya merupakan rasa kasih sayang kepada pasangannya. Hal tersebut merupakan rasa bersyukur saat memiliki pasangan yang selalu mengungkapkan kasih sayangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro