Ilustrasi gagal jantung/Freepik.com
Health

Ini Tanda-Tanda Anda Menderita Sakit Jantung, Jangan Diabaikan!

Salma Permata Dewi
Minggu, 9 April 2023 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit bisa dialami oleh manusia manapun termasuk penyakit jantung. Untuk mengetahui apakah terkena penyakit atau tidak, biasanya ada tanda-tanda yang dialami sebelumnya.

Dilansir dari bhf.org.uk, sekitar 11 persen pria dan 9 persen wanita di Inggris telah didiagnosis dengan beberapa bentuk penyakit jantung atau peredaran darah. Profesor Kardiologi BHF John Wheatley di BHF Center of Research Excellence di University of Edinburgh David Newby memberikan gejala-gejala penyakit jantung yang artinya sudah harus menemui dokter.

Berikut sebelas gejala penyakit jantung.

1. Nyeri dada

Gejala yang sering dialami saat serangan jantung adalah nyeri data. Namun, banyak orang tidak menyadari gejala ini bisa menjadi keadaan darurat medis. Profesor Newby mengatakan bawah jika serangan jantung, biasanya nyeri dada digambarkan sebagai rasa berat, sesak, atau tertekan di dada. Dia juga menyarankan Anda perlu ke rumah sakit jika mengalami nyeri dada apalagi ditambah dengan tidak enak badan.

2. Merasa sakit dada hingga perut

Merasa sakit itu meliputi nyeri dada rasa tidak nyaman pada tubuh Anda seperti mual. Jika merasakan sakit bahkan ketika tidak melakukan apa-apa, Anda perlu pergi ke rumah sakit.

3. Sakit perut atau gangguan pencernaan

Jangan remehkan sakit perut atau gangguan pencernaan karena ini bisa menjadi gejala serangan jantung atau masalah jantung terkait. Hal ini dikarenakan jantung, kerongkongan, dan perut terletak bersebelahan.

4. Berkeringat

Berkeringat ketika berolahraga atau hari yang sangat panas itu tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ketika merasa panas dan lembap disertai nyeri dada itu adalah gejala serangan jantung,

5. Sakit kaki

Sakit kaki yang termasuk penanda penyakit jantung atau peredaran darah, tepatnya PAD (penyakit arteri periferal) adalah sensasi mencengkeram dan kram di betis saat berjalan. Umumnya gejala ini muncul pada perokok dan orang yang menderita diabetes.

6. Nyeri lengan

Hal ini bisa menjadi gejala serangan jantung. Rasa sakit yang menjalar ke lengan, terutama lengan kiri atau ke leher mungkin berhubungan dengan jantung dibandingkan gangguan pencernaan. Jika tidak hilang, Anda perlu pergi ke dokter.

7. Sakit pada rahang atau punggung

Profesor Newby menjelaskan bahwa serangan jantung bisa menjadikan rahang atau punggung sakit. Ada beberapa bukti bahwa gejala pada wanita cenderung lebih bervariasi dari nyeri dada.

8. Sensasi tersedak

Sensasi tersedak dan terkadang sesak atau sakit yang terjadi di tenggorokan termasuk gejala penyakit jantung. Kemungkinan besar jika mengalami gejala ini disertai dengan gejala-gejala penyakit jantung lainnya.

9. Pergelangan kaki membengkak

Walaupun sangat umum dan memiliki banyak penyebab lain, seperti efek samping obat, pergelangan kaki membengkak tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi penanda gagal jantung.

10. Kelelahan ekstrem

Merasa lelah sepanjang waktu disertai kondisi lainnya bisa menjadi gejala gagal jantung. Gejala ini yang disebabkan bekerja berjam-jam atau begadang mungkin bukan gejala gagal jantung. Anda perlu memperbaiki gaya hidup dan jika masih mengalami kelelahan ekstrem padahal gaya hidup sudah teratur, mungkin itu gejala penyakit jantung.

11. Detak jantung tidak teratur

Profesor Newby mengatakan bahwa dari sekitar 700 orang, hanya sekitar 20 orang yang mengalami fibrilasi atrium atau yang dapat meningkatkan risiko stroke. Sebagian besar hanya mengalami detak ektopik ekstra yang biasanya tidak berbahaya. Detak jantung yang melonjak biasanya tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Jika jantung Anda bekerja sangat cepat dan melompat-lompat tidak menentu, itu memiliki kemungkinan penyakit jantung. Untuk mengetahui itu gejala jantung atau bukan, Anda perlu memastikannya ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro