Suga BTS
Entertainment

Lagu Kolaborasi Suga BTS dan IU Puncaki Berbagai Platform

Salma Permata Dewi
Minggu, 9 April 2023 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota boyband populer asal Korea Selatan Suga berkolaborasi dengan solois IU dengan lagu bertajuk “People Pt. 2” pad Jumat (7/4/23). Lagu ini menduduki berbagai platform musik seperti Spotify dan iTunes.

Suga akan menjadi anggota kelima dari BTS yang akan debut sebagai solois. Nama panggungnya sebagai solois adalah Agust D, yang telah dia gunakan untuk mixtape atau lagu-lagu individu sebelumnya. Anggota-anggota yang sudah melakukan debut solonya adalah JHope, Jin, RM, dan Jimin.

Melansir The Korea Times, single ini merupakan bagian dari album debut solo Suga. Album debut solo ‘D-Day’ akan dirilis pada 21 April 2023 mendatang. Lagu ini merupakan kolaborasi pertama mereka sejak Suga berpartisipasi dalam lagu hit IU ‘Eight’ dirilis pada Mei 2020. Album ini melengkapi trilogi mixtape yang dirilis sebelumnya, yakni ‘Agust D’ (2016) dan ‘D-2’ (2020).

BigHit Entertainment, agensi hiburan yang dinaungi Suga, mengonfirmasi bahwa single tersebut menduduki puncak tangga lagu iTunes di 87 negara pada Sabtu (8/4/23) pukul 9.00 KST. Lagu tersebut mengklaim posisi nomor 1 di tangga lagu iTunes Top Songs di negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Tidak hanya itu, video musik ‘People Pt.2’ juga sudah meraih lebih dari angka 7 juta penonton di YouTube.

Dilansir dari Soompi, ‘People Pt.2’ di hari pertama hingga saat ini menduduki nomor 11 tangga lagu platform Global Top Songs di Spotify dengan 3.404.828 pendengar. Lagu tersebut menjadikan lagu IU pertama yang pernah masuk 15 besar tangga lagu global Spotify. Oricon juga mengumumkan secara resmi bahwa lagu tersebut telah menduduki nomor 1 tangga lagu single digital harian pada 7 April 2023.

Suga dalam mempersiapkan debut solonya didukung dari berbagai pihak. Tidak hanya lagu-lagu yang dirilisnya, Suga juga akan membuat film dokumenter oleh Disney+. Bertajuk ‘SUGA: Road to D-DAY’, film dokumenter ini akan menceritakan perjalanan Suga dalam karir musiknya dan berkeliling ke berbagai negara.

Suga juga mengumumkan tur dunianya sebagai rangkaian debutnya di Amerika Serikat dan Asia. Tur ‘SUGA I Agust D Tour’ akan diselenggarakan mulai dari 26 April hingga 25 Juni 2023. Dia akan melakukan turnya di Belmont Park, Newark, Rosemont, Los Angeles, Oakland, Jakarta, Kanagawa, Bangkok, Singapore, dan Seoul.

Sebagai pembuka tur di Asia, konser solo Suga ini akan dilaksanakan tiga hari berturut-turut di Indonesia pada 26 hingga 28 Mei 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. Harga tiket yang sudah terjual habis pada 27 dan 28 Maret lalu dibanderol dengan harga Rp1,35 juta hingga Rp3,5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro