Ilustrasi kelaparan./Istimewa
Health

Tidak Bisa Berhenti Ngemil Larut Malam? Ini Penyebabnya

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 13 April 2023 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah malam, kerap kali Anda akan menginginkan sesuatu yang makanan manis atau asin untuk dijadikan camilan. Tak jarang Anda akan tergoda untuk makan-makanan yang tersedia di rumah Anda. 

Namun, membiasakan diri untuk makan larut malam dapat merusak kesehatan Anda. Hal ini juga dapat mempengaruhi pola makan Anda di siang hari jika Anda makan-makanan tertentu di malam hari.

Dilansir dari Health News, ini alasan mengapa Anda merasa lapar di malam hari:

1. Kalori harian yang terbatas

Jika tubuh Anda tidak diisi dengan kalori yang cukup di siang hari, Anda akan merasa lapar di malam hari. Hal ini sering terjadi saat Anda pertama kali melakukan diet rendah kalori atau membatasi makanan karena tubuh Anda tidak terbiasa dengan penurunan konsumsi makanan.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan pola makan dan menentukan jumlah kalori harian yang sesuai untuk Anda. Hal ini tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

- Bentuk tubuh. Bentuk tubuh yang Anda miliki akan mempengaruhi berapa banyak kalori yang perlu Anda konsumsi. Namun, tentunya setiap tubuh memiliki kadar kalori harian yang berbeda.

- Aktivitas fisik. Tingkat aktivitas fisik yang Anda lakukan setiap hari juga akan mempengaruhi kebutuhan asupan kalori harian Anda.

- Pasang surut yang normal. Rasa lapar bersifat sporadis sehingga wajar jika Anda menginginkan lebih banyak makanan di beberapa hari dan lebih sedikit di hari lainnya. Untuk itu, dengarkan isyarat lapar alami Anda dan penuhi kebutuhan gizi Anda saat merasa lapar. 

2. Stres makan

Setelah menyelesaikan hari yang panjang dan melelahkan, kemungkinan yang dapat Anda lakukan adalah makan. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengonsumsi makanan cepat saji di saat Anda sedang lelah. Namun, itu adalah pilihan yang kurang sehat karena mengandung garam, lemak, dan gula yang tinggi. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa ada korelasi antara stres dan makan. Dalam artian orang akan makan secara berlebih saat merasa khawatir, cemas, dan stres. Namun, ada beberapa strategi untuk mengatasi hal tersebut:

- Gerakan. Studi menunjukkan bahwa latihan seperti yoga memiliki manfaat untuk menurunkan tingkat stres secara signifikan.

- Kesadaran. Ada sejumlah penelitian yang mendukung  efektivitas meditasi dalam upaya mengurangi stres.

- Meditasi. Berlatih pernapasan perut dalam dapat membantu memperlambat pikiran yang berpacu dan mengurangi stres.

Gunakan ponsel Anda untuk membantu Anda melakukan meditasi atau yoga karena hal tersebut adalh pilihan yang bagus untuk dicoba saat Anda merasa ingin makan meskipun sebenarnya tidak lapar. Namun, jika Anda dalam kondisi lapar, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan ringan yang kaya akan protein atau serat yang akan membantu Anda merasa kenyang.

3. Insomnia

Anda akan merasa lapar jika Anda tengah begadang karena tidak bisa tidur (insomnia) atau bekerja. Tubuh tidak dirancang untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa makanan sehingga saat Anda terjaga di malam hari biasanya akan membuat perut Anda mulai merasa lapar.

Ada dua cara utama untuk mengatasi penyebab ngemil larut malam ini:

- Pola tidur. Anda perlu memiliki pola tidur yang baik untuk meminimalisir ngemil di malam hari atau larut malam. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi waktu menatap layar sebelum tidur, mempertahankan waktu tidur yang konsisten, dan menghindari kafein di malam hari dapat membantu mendapatkan tidur malam yang cukup.

- Camilan sehat. Jika Anda harus terjaga hingga larut malam karena pekerjaan atau kewajiban lainnya, cara terbaik untuk tetap bisa makan saat lapar di malam hari dengan cara memakan camilan sehat alih-alih camilan tidak sehat yang akan membahayakan tubuh Anda. 

Ada beberapa risiko bagi Anda yang suka ngemil di larut malam. Seperti misalnya penambahan berat badan. tetapi hal ini sering kali disebabkan oleh pilihan makanan yang dikonsumsi dan bukan karena waktu makan malam. Hal itu tergantung pada tingginya kalori dan kurangnya nutrisi dari makanan yang Anda makan. 

Risiko potensial lainnya adalah penyakit kardiovaskular. Faktanya, American Heart Association melaporkan bahwa makan larut malam telah berhubungan dengan beberapa faktor risiko penyakit jantung termasuk obesitas dan kadar kolesterol tinggi.

Jika memang Anda harus atau sudah terbiasa makan camilan di malam hari, ada beberapa opsi makanan yang lebih sehat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, yogurt Yunani, selai kacang, dan dark chocolate. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kalori dan porsi yang Anda konsumsi di malam hari. Pilihlah makanan yang lebih sehat untuk menghindari risiko penyakit jantung dan kenaikan berat badan agar Anda tetap bisa ngemil di malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro