Raim Laode
Entertainment

Geser Tulus dan Joji, Raim Laode Pecahkan Rekor Spotify

Arlina Laras
Jumat, 14 April 2023 - 21:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Raim Laode berhasil meraih kesuksesan di industri musik nasional dengan meraih rekor baru untuk lagu paling banyak didengarkan selama 24 jam di Spotify Indonesia.

Kesuksesannya melalui lagu ‘Komang’ ini juga menjadi kali pertama wilayah timur Indonesia bisa mengalahkan rilisan lagu penyanyi papan atas Tanah Air dan luar negeri, seperti Tulus dengan lagu ‘Hati-Hati di Jalan’ dan Joji ‘Glimpse of Us’

“Saya bahagia sekali melihat lagu ini diterima dengan baik oleh para pendengar. Ketika lagu ini dirilis pada bulan Agustus 2022, saya tidak pernah menyangka lagu ini akan menjadi viral,” ujar penyanyi muda berusia 28 tahun asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 

‘Komang’ masuk ke tangga lagu Top 50 Indonesia di Spotify pada 16 Februari 2022 dengan menempati posisi ke-22, dan kemudian berhasil mencapai posisi ke-2 pada minggu berikutnya. 

Tidak lama berselang, pada tanggal 2 Maret 2023, lagu ini berhasil menduduki posisi teratas di Top 50 Indonesia selama empat minggu berturut-turut. 

Selain lagu Hati-hati di Jalan yang dipopulerkan Tulus, lagu ini bahkan berhasil memecahkan rekor sepanjang masa untuk jumlah streaming terbanyak dalam satu hari dari semua lagu di Spotify Indonesia, menyalip lagu ‘Sial’ dari Mahalini dengan lebih dari dua juta streaming.

Head of Music Spotify Asia Kossy Ng mengatakan Spotify memang telah memberikan dukungan yang kuat kepada talenta musik lokal di Indonesia melalui berbagai inisiatif, 

"Merayakan musik dan artis lokal sudah menjadi prioritas utama kami di Spotify. Senang sekali rasanya melihat artis Indonesia terus merajai tangga lagu lokal dan mendobrak lebih banyak batasan daripada sebelumnya," ujarnya. 

Lagu yang diputar hampir 70 juta kali di Spotify sejak dirilis pada 17 Agustus 2022 ini pun menyimpan sejumlah fakta unik. 

Pertama, judulnya diambil dari nama sang istri, yakni Komang, lahir dari sebuah kesederhanaan dan merupakan bentuk cinta Raim. 

Kedua, Raim Laode pun mendedikasikan lagu ini untuk seluruh perempuan di Bali untuk kerja keras mereka selama ini. 

Menurutnya, dengan teknologi yang semakin maju, kesempatan bagi musisi untuk menjadi 'local hero' semakin besar, karena mereka dapat mengakses pasar global dengan lebih mudah dan lebih cepat daripada sebelumnya. 

Bahkan, musisi yang mungkin sebelumnya tidak memiliki akses ke sumber daya atau jaringan di industri musik tradisional sekarang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan sukses yang lebih besar.

“Platform digital seperti Spotify telah membantu musisi di mana pun mereka berada untuk dapat ditemukan dan terhubung dengan pendengar di seluruh dunia. Senang sekali saya bisa jadi salah satu di antaranya,” kata Raim.

Sebagai informasi, sebelum ‘Komang’, Raim telah berkarya sejak tahun 2018 dengan ‘Cemburu’ sebagai single perdananya, disusul oleh ‘Suasana Rumah’ pada 2019 dan ‘Sang Badut’ pada 2021.

'Komang' sendiri tidak butuh waktu lama untuk menjadi viral karena lagu ini terus digunakan sebagai musik latar untuk berbagai konten video di media sosial. Lagu ini juga berhasil memperoleh banyak dukungan dan pengakuan di tingkat global, menempati posisi teratas pada tangga lagu Spotify berikut ini:

#1 di Spotify Viral 50 Global

#1 di Spotify Viral 50 Indonesia

#4 di Spotify Viral 50 Singapore

#16 di Spotify Viral 50 Taiwan

#32 di Spotify Viral 50 Philippines

#1 di  Spotify Top 50 Indonesia

#17 di Spotify Top 50 Malaysia

#44 di Spotify Top 50 Global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro