Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023) - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.
Health

Tips Tetap Fit Selama Mudik Lebaran

Rika Anggraeni
Jumat, 21 April 2023 - 15:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Masyarakat perlu memerhatikan kesiapan dan kondisi kesehatan selama melakukan perjalanan mudik Lebaran. Sebab, tak dapat disangkal bahwa mudik saat Lebaran merupakan aktivitas yang menguras stamina. 

Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto mengatakan kondisi kesehatan memiliki pengaruh yang besar bahkan fatal jika masyarakat tidak melakukannya dengan benar.

“Oleh karena itu, pastikan kondisi pengendara dalam kondisi baik agar menghindari kelalaian dan tetap aman serta nyaman saat berkendara,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4/2023).

Berdasarkan The Real Driving Center (RDC) Indonesia, berikut adalah beberapa cara memastikan kondisi tubuh fit saat melakulan perjalanan mudik:

1. Istirahat yang cukup

Pastikan pengemudi beristirahat atau tidur selama 7 - 9 jam dan tidak berkendara mendekati atau saat waktu tidur. Selain itu, pengemudi juga perlu mengatur perencanaan perjalanan yang baik.

2. Konsumsi makanan sehat

Pengemudi perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, seperti roti gandum, daging ayam, sayuran, dan buah-buahan. Sementara itu, hindari makanan yang terlalu berlemak, terlalu banyak gula atau caffein karena bisa membuat tubuh merasa lelah dan tidak nyaman.

3. Jaga cairan tubuh

Pastikan untuk menjaga cairan tubuh dengan meminum air secukupnya saat sahur dan berbuka.

4. Olahraga ringan

Sebelum memulai perjalanan, pengemudi bisa melakukan olahraga ringan guna membantu tubuh tetap bugar. Namun jika merasakan letih kembali akibat duduk terlalu lama, istirahatlah di rest area dan lakukanlah peregangan otot atau berjalan sejenak.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berkendara dan hindari pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar.

6. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

Tips terakhir adalah hindari mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Selain membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan, mengemudi dalam pengaruh alkohol juga dapat diancam hukuman sanksi dan kurungan penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Reni Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro