Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.
Travel

Tips Mengatasi Rasa Frustasi dan Bosan saat Terjebak Macet di Tol

Arlina Laras
Senin, 24 April 2023 - 11:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemacetan lalu lintas adalah fenomena yang sudah menjadi hal umum di Indonesia, terutama saat musim mudik lebaran atau libur panjang. 

Jalan tol sendiri menjadi tempat yang paling sering dilalui oleh para pemudik. Namun karena banyaknya kendaraan yang melintas lantaran ingin cepat sampai ke tujuan, kemacetan pun sering terjadi. 

Pastinya hal ini dapat membuat perjalanan terasa melelahkan dan membosankan, terlebih lagi ketika one way atau contraflow diterapkan. 

Ketika terjebak dalam kemacetan di jalan tol, rasa bosan dan frustasi seringkali sulit dihindari. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan tersebut. Simak ulasan Bisnis selengkapnya. 

Tips Anti Bosan Saat Terjebak Kemacetan 

1. Tarik napas dan hembuskan dalam-dalam

Cara termudah adalah menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam untuk menciptakan efek relaksasi. Caranya adalah dengan menarik napas dalam-dalam setidaknya selama tiga hitungan lalu hembuskan selama empat hitungan.

Anda bisa merasa lebih tenang dan pikiran menjadi lebih jernih sehingga tidak mudah terbawa suasana.

2. Dengarkan musik dan bernyanyi

Musik dapat membuat Anda lebih rileks. Saat Anda berada dalam situasi stres atau marah, detak jantung dan tekanan darah Anda cenderung meningkat. Hal ini dapat membuat Anda tidak nyaman. 

Namun ketika Anda mendengarkan lagu favorit Anda, Anda akan merasa senang dan tingkat stres Anda akan berkurang.

Anda bisa menganggap mobil Anda sebagai ruang karaoke tempat Anda bisa bernyanyi untuk menghilangkan stres.

3. Kendalikan amarah

Kemacetan lalu lintas dapat membuat Anda sangat stres sehingga muncul perasaan negatif. Terkadang ada pengendara yang memotong jalur tanpa mempedulikan kondisi sekitar. Hal ini tentu saja membuat Anda tidak nyaman dan memicu kemarahan. 

Sebaiknya Anda mencoba untuk menerima situasi dan perilaku pengendara lain dengan lapang dada. Cobalah untuk memaafkan perilaku yang tidak menyenangkan tersebut dan fokus pada hal-hal positif lainnya agar tidak membuang energi dan meningkatkan tingkat stres Anda.

4. Mengobrol dengan orang lain

Jika Anda sedang mengemudi dengan orang lain dan terjebak kemacetan, Anda dapat menggunakan momen ini untuk mengobrol. Anda bisa mengemukakan topik-topik menarik, mengutarakan keluhan Anda, bertukar pikiran dengan orang lain, atau bermain permainan kata penambah semangat. Dengan mengobrol, Anda dapat mengalihkan pikiran dan waktu berjalan lebih cepat.

5. Mendengarkan podcast

Mendengarkan podcast kesukaan, menjadikan waktu yang terbuang di dalam mobil selama kemacetan akan terasa lebih menyenangkan. Hal ini juga dapat menghilangkan rasa bosan atau frustasi. 

Podcast juga dapat membantu meredakan stres dan memberikan hiburan saat terjebak di jalan. Namun, pastikan volume tidak terlalu keras sehingga Anda tetap dapat memperhatikan situasi di sekitar Anda.

Jalur alternatif hingga tetap aktif di halaman selanjutnya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro