Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.
Travel

Tips Mengatasi Rasa Frustasi dan Bosan saat Terjebak Macet di Tol

Arlina Laras
Senin, 24 April 2023 - 11:08
Bagikan

6. Makan camilan

Makan camilan bisa menjadi salah satu tips untuk mengatasi rasa bosan dan frustasi saat terjebak kemacetan di jalan tol. Kemacetan dapat memakan waktu yang lama dan membuat tubuh Anda merasa lelah dan lapar. 

Dengan menyiapkan camilan favorit sebelum berkendara, Anda bisa mengisi perut dan memberikan energi tambahan untuk melanjutkan perjalanan.

Selain itu, makan camilan juga bisa menjadi cara untuk meredakan stres dan mengalihkan perhatian dari kemacetan yang membosankan.

7. Sesuaikan posisi duduk

Tips ketujuh adalah untuk menyesuaikan posisi duduk saat terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Dalam kondisi seperti ini, kita tidak bisa bergerak banyak sehingga kita bisa merasa pegal dan lelah. 

Agar tidak cepat lelah, disarankan untuk menyesuaikan posisi duduk dengan tidak terlalu tegak. Selain itu, pegang setir dengan santai namun tetap dapat bermanuver dengan cepat dan aman. Posisi kaki juga bisa disesuaikan agar tetap nyaman dan sigap dalam segala situasi. 

Dengan menyesuaikan posisi duduk, kita bisa mengurangi ketegangan pada tubuh dan merasa lebih nyaman selama terjebak dalam kemacetan.

8. Baca buku

Membaca buku bisa menjadi salah satu hiburan, terutama bagi Anda yang hobi membaca. Kegiatan ini bisa membuat Anda senang dan menambah wawasan sehingga waktu yang Anda habiskan di tengah kemacetan menjadi bermanfaat. 

Dengan kemajuan teknologi, kini telah hadir audio book, yaitu rekaman suara yang berisi teks dari buku yang sedang dibaca. Anda bisa menikmati isi bukunya namun tetap fokus berkendara di saat yang bersamaan.

9. Manfaatkan gadget

Gadget seperti smartphone, iPad atau smartwatch sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menggunakan gadget untuk mengatasi kebosanan dengan bermain media sosial atau game. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan situasi dan kondisi jalan.

10. Tidur

Jika Anda sebagai penumpang dan tak bertugas mengemudi, tidur sebentar bisa menjadi solusi. Tidur dapat memulihkan energi Anda yang terkuras saat terjebak kemacetan. Saat tidur, waktu yang lama pun terasa cepat berlalu.

11. Pertimbangkan jalur alternatif

Jika Anda merasa arus lalu lintas tidak terlalu kondusif, maka Anda bisa mempertimbangkan jalur alternatif. Jalur alternatif biasanya tidak seramai jalur umum. Walaupun jaraknya lebih jauh atau memakan waktu lebih lama, itu lebih baik daripada terjebak kemacetan. 

12. Bersihkan area umum di sekitar tempat duduk Anda

Ketika Anda terjebak dalam kemacetan, Anda mungkin melihat banyak sampah atau makanan yang berserakan di sekitar mobil Anda.

Anda bisa memanfaatkan waktu yang terbuang tersebut dengan membersihkan area sekitar tempat duduk Anda. Dengan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman, Anda mungkin merasa lebih tenang dan santai selama terjebak dalam kemacetan.

13. Tetap aktif

Tetap aktif dan menjaga kesehatan tubuh selama terjebak dalam kemacetan. Meskipun tidak dapat bergerak banyak, Anda masih dapat melakukan beberapa latihan sederhana seperti kencangkan perut, regangkan pergelangan tangan atau lakukan lingkaran lengan.

Dengan melakukan latihan ini, tubuh Anda tetap aktif dan terhindar dari pegal atau kram yang mungkin terjadi karena duduk terlalu lama dalam posisi yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro