Tips untuk bahagia/Istimewa
Relationship

Ini 10 Hal yang dapat Mendukung Perjalanan Pertumbuhan Diri

Salma Permata Dewi
Sabtu, 29 April 2023 - 19:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai manusia, terkadang kita terus dituntut menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih sehat, lebih pintar, lebih kaya, lebih kuat, lebih sibuk, atau lebih semuanya. Anda mungkin menemukan diri Anda dalam keadaan konstan ingin meningkatkan, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih pada saat tertentu.

Dilansir Psychology Today, Sabtu (29/4/2023) manusia menginginkan perubahan dan pertumbuhan. Ada lebih banyak sumber daya yang tersedia tentang topik pengembangan diri, seperti manajemen waktu, perbaikan hubungan, organisasi, kebugaran, makan sehat, pengembangan profesional, manajemen stres, pengaturan emosi, dan banyak lagi.

Perubahan itu rumit, tetapi lebih baik dilakukan dibanding tidak melakukan sama sekali. Penting untuk mempersiapkan diri Anda untuk perjalanan ke depan dengan membangun fondasi yang tepat untuk mendasari perubahan Anda.

Simak 10 hal yang perlu diingat saat memulai perjalanan pertumbuhan diri:

1. Memprioritaskan diri

Kenyataannya adalah pertumbuhan dan perkembangan pribadi datang dari melihat ke dalam diri sendiri. Pengembangan diri ini untuk mengenal diri sendiri. Anda perlu menjaga diri sendiri karena tidak ada yang datang untuk memperbaikinya untuk Anda.

2. Menjadi sadar menggunakan pendekatan holistik

Tanyakan pada diri Anda apa yang dapat dilakukan untuk membawa diri lebih dekat ke tujuan dan lebih dekat dengan orang yang diinginkan di setiap bidang, seperti fisik, emosional, intelektual, sosial, lingkungan, keuangan, pekerjaan, dan spiritual.

3. Berikan ruang untuk kemenangan

Jalanmu ke depan tidak ditentukan oleh masa lalumu. Percayalah pada diri sendiri bahwa Anda menangani hidup sebaik mungkin saat ini dengan apapun yang Anda miliki. Anda tidak hanya melewati masa-masa sulit, tetapi juga tumbuh melaluinya.

4. Batasi perbandingan sosial

Meskipun sangat berharga untuk mengambil inspirasi dari mereka yang menginspirasi, kita perlu menyadari bahwa lintasan ke depan tidak akan terlihat sama bagi kita semua.

5. Bangun kebiasaan sehat secara konsisten

Senyawa konsistensi berkomitmen untuk melakukan satu aktivitas, setiap hari, meski hanya lima menit, akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan dan menjadi orang yang diinginkan. 

6. Membangun tim untuk mendukung mimpi

Saat-saat motivasi rendah, kita semua membutuhkan seorang pendukung ada di pihak kita. 

7. Rangkul ketidaknyamanannya

Menjadi nyaman tidak membantu kita berkembang. Jika itu tidak menantang, itu tidak akan mengubah Anda.

8. Rayakan kemajuan

Merayakan bahkan kemenangan kecil dalam perjalanan perubahan kita membawa kesadaran pada kemajuan kita.

9. Santai

Anda tidak perlu melakukan perombakan besar-besaran dalam hidup. Beri diri sendiri izin untuk beristirahat di sepanjang jalan. Bagaimanapun, pertumbuhan adalah perjalanan seumur hidup.

10. Hiraukan yang tidak mendukung Anda

Saat berkomitmen untuk pertumbuhan diri, beberapa orang mungkin tidak mendukung atau setuju dengan pilihan Anda. Jangan biarkan hal itu menghalangi proses pengembangan diri. Teman sejati ingin melihat Anda menjalani hidup terbaik Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro