Makanan Khas Sumatra Barat/iStockphoto
Kuliner

6 Makanan Khas Sumatera Barat yang Terkenal Menggoyang Lidah

Hana Fathina
Sabtu, 29 April 2023 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sumatra Barat merupakan surganya makanan enak selain Bandung. Makanan khas Sumatera Barat ini terkenal dengan santan kental dan bumbu rempah yang membuat cita rasanya menjadi lezat dan bikin ketagihan. 

Makanan khas Minang memang menjadi salah satu kuliner yang paling banyak digemari di Indonesia. Bahkan, rendang menjadi salah satu makanan terenak di Indonesia yang sudah mendunia. Tidak hanya rendang, kuliner khas Sumatera Barat lainnya juga tidak kalah untuk kamu coba. 

Daftar Makanan Khas Sumatra Barat:

  1. Rendang 
    Rendang, salah satu makanan khas Sumatera Barat yang paling terkenal ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah yang melimpah. Makanan ini terbilang membutuhkan waktu yang lama dalam proses memasaknya. Agar rasanya meresap, semua bumbu dan potongan daging dicampur menjadi satu lalu diaduk hingga matang dan bumbu kering serta berwarna hitam. 
  2. Dendeng Balado 
    Dendeng balado merupakan makanan yang berbahan dasar daging yang dikeringkan. Irisan kecil daging sapi dibuat kecil-kecil lalu dikeringkan. Sesuai dengan Namanya dendeng balado diberi bumbu balado yang terbuat dari cabai besar. Rasa enak dari dendeng akan berpadu dengan pedasnya balado. 
  3. Soto Padang 
    Soto padang merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, bihun, perkedel, kentang dan kuah berkaldu sapi. Daging sapi digoreng kering dan dipotong kecil-kecil sehingga seperti dendeng. Rasa makanan khas Sumatera Barat ini gurih dan segar Ketika disajikan hangat. Ditambah lagi nasi atau ketupat dan kerupuk warna pink khas padang. 
  4. Sate Padang
    Sebagian orang pasti kesulitan membedakan sate padang karena bentuknya berbeda-beda. Sate padang ada dalam 3 jenis yaitu sate padang, sate padang Panjang dan sate pariaman. Selain berasal dari daerah yang berbeda, Ketika jenis sate tersebut juga hadir dalam sajian bumbu kacang yang berbeda. Makanan khas sumatera barat ini menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur. Sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah. Sedangkan sate padang Panjang memiliki kuah yang berwarna kuning.
  5. Ikan Asam Padeh 
    Menu yang satu ini biasanya dikenal dengan nama ikan asam pedas dalam bahasa Indonesia. Masakan dalam rasa asam pedas ini siap memberikan sensasi segar pada lidah dan perut kamu. Tidak hanya terbatas pada satu jenis ikan saja, menu ikan asam pedas bisa menggunakan berbagai macam jenis ikan, mulai dari ikan tongkol, kakap, cumi, gurami hingga ikan kembung. 
  6. Itiak Lado Mudo
    Makanan khas Sumatera Barat yang terakhir adalah Itiak Lado Mudo. Kuliner ini berasal dari olahan bebek yang merupakan khas dari daerah Agam, Sumatera Barat. Hadir dalam rasa pedas dan gurih, makanan ini disebut-sebut sebagai menu favorit para wisatawan lokal hingga mancanegara. Jika kamu pergi ke Ngarai Sianok, kamu wajib menyantap kuliner ini. di sana ada sebuah rumah makan yang menyajikan itiak lado mudo sebagai menu utamanya dan selalu ramai oleh pengunjung. 


Itulah beberapa makanan khas Sumatera Barat yang wajib kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro