Makanan khas Sumatra Utara/Tokopedia
Kuliner

10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Wajib Kamu Coba

Hana Fathina
Sabtu, 29 April 2023 - 18:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi yang cukup populer di Indonesia. Selain terkenal akan keindahan Danau Tobanya, wilayah yang memiliki ibu kota Medan. Medan ini juga sangat dikenal dengan menyajikan sejumlah pesona alam menarik lainnya. Tidak hanya itu, makanan khas Sumatra Utara juga tidak boleh kamu lewatkan jika kesini. 

Tidak heran mengingat itu rasa dan bumbu atau rempah-rempah khas Sumatra berhasil membuat siapa pun ketagihan. Jika kamu yang sudah pernah mencoba makanan khas Sumatra Utara dan ingin mencobanya lagi, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Utara yang Wajib dicoba:

  1. Arsik
    Arsik merupakan salah satu makanan khas Sumatra Utara yang berbahan dasar ikan mas. Perlu diketahui, ikan mas merupakan salah jenis ikan yang cukup banyak ditemukan di daerah ini. Proses memasaknya sendiri arsik ini dimasak dengan bumbu rempah yang sangat beragam. 
  2. Kidu-kidu 
    Kidu-kidu dibuat dengan bahan dasar ulat sagu. Perlu kamu ketahui bahwa ulat sagu yang tinggal di pohon aren dan sudah mati ternyata memiliki banyak kandungan asam amino yang cukup tinggi. Proses memasaknya mulai dari mengambil ulat sagu dari pohon dan dimasak dengan aneka rempah yang khas. Rasa makanan khas sumatera utara ini sangat lezat dan gurih. Kamu yang pecinta kuliner ekstrem wajib mencoba makanan ini. 
  3. Saksang 
    Saksang merupakan salah satu olahan kuliner khas Sumatra Utara yang wajib kamu coba. Makanan ini dibuat dari bahan dasar daging, salah satunya daging kerbau. Saksang dibuat dengan campuran bumbu rempah yang dan juga campuran santan. Beberapa rempah seperti daun salam, sereh, jahe merah, merica, ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih dan lainnya yang digunakan untuk membuat menu ini. 
  4. Daun Ubi Tumbuk
    Makanan ini terbuat dari daun ubi atau daun singkong. Selain cara membuatnya cukup mudah, resep bumbu hidangan ini juga sangat sederhana hanya perlu lengkuas, kecombrang, serai, jahe, santan dan garam. 
  5. Mie Gomak
    Makanan khas Sumatera Utara yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih karena dimasak bersamaan dengan bumbu khas Sumatera Utara yaitu andaliman dan santan kental. Jika kamu baru mencicipinya, dijamin kamu akan ketagihan. Kuliner ini biasanya dijual saat pagi hari sebagai menu sarapan dan banyak dijual di warung makan di seluruh daerah Sumatra Utara. 
  6. Kolak Durian 
    Rasa kolak durian yang gurih dijamin akan membuat kamu ketagihan jika sudah mencicipinya. Dan selain durian, seporsi makanan penutup ini juga dilengkapi dengan beberapa bahan lainnya seperti ketan putih, pisang kepok, jagung manis rebus dan santan kental. 
  7. Ombus-ombus
    Makanan ini terbuat dari tepung dimana ditengahnya terdapat gula merah dan biasanya dibungkus dengan daun bambu. Kue orang batak berukuran bulat kecil ini sangat enak di makan dalam keadaan hangat dan sembari minum kopi atau teh. 
  8. Sayur Gurih Tauco
    Sekilas sayur ini mirip dengan lontong sayur atau gulai yang biasa disajikan Ketika lebaran, tetapi sayur gurih tauco ini memiliki khasnya sendiri. Makanan ini merupakan perpaduan antara makanan cina dan makanan khas Sumatera Utara. 
  9. Manu Napinadar 
    Manuk napinadar merupakan olahan daging ayam panggang yang disajikan dengan bumbu dan sambal khasnya. Makanan khas sumatera utara ini juga sering disajikan Ketika sedang melakukan pesta adat. Pengolahan makanan ini cukup unik karena harus dipanggang dahulu dan disiram dengan saus darah ayam. 
  10. Bubur Pedas
    Bubur yang satu ini memiliki keunikan yaitu menggunakan daun yang tidak biasa seperti daun jeruk, daun mengkudu, daun kunyit dan daun jambu biji. Daun-daun tersebut dihancurkan can dicampurkan ke dalam bubur lalu dimasak. 


Itulah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang wajib kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro