Ayam lemak/boldsky.com
Health

Lemak Jenuh Bukanlah Musuh, Ini Manfaatnya

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 6 Mei 2023 - 21:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lemak jenuh kerap kali dianggap sebagai musuh yang tidak baik untuk kesehatan. Anda mungkin sering mendengar bahwa mengonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol dan sebagainya. Ternyata, lemak jenuh merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari Healthshots, Sabtu (6/5/2023), lemak jenuh tidak meningkatkan kolesterol Anda dan tidak menyebabkan efek yang merugikan bagi kesehatan Anda. Kombinasi lemak jenuh dengan karbohidrat olahan dan garam dalam tubuh Anda akan menghasilkan kondisi yang tidak sehat. 

Anda dapat menemukan lemak jenuh dalam produk susu seperti mentega, keju dan es krim, serta daging sapi, domba, babi, kelapa, minyak kelapa sawit, dan banyak lagi.

Ini manfaat lemak jenuh yang harus Anda ketahui:

1. Penting untuk fungsi otak Anda

Secara alami, lebih dari 75 persen kolesterol diproduksi oleh tubuh Anda. Lemak ini menunjukkan peningkatan yang sangat kecil pada kadar kolesterol darah. Otak merupakan pusat kendali seluruh tubuh Anda, termasuk lemak jenuh. 

2. Hormon Anda membutuhkannya

Lemak jenuh juga penting untuk hormon Anda. Lemak jenuh akan membantu Anda dalam pembentukan dasar hormon steroid seperti kortisol, estrogen, testosteron, dan progesteron. Jika hormon-hormon tersebut tidak ada, tubuh Anda nantinya tidak akan berfungsi dengan baik.

3. Konsumsi vitamin tidak mungkin dilakukan tanpa lemak jenuh

Untuk memproses vitamin yang Anda konsumsi, tubuh Anda akan membutuhkan lemak jenuh. Sebagai contoh, vitamin D didapatkan karena adanya matahari, tetapi tanpa kehadiran lemak yang bersahabat dengan tubuh,  kita tidak dapat mensintesis atau menggunakannya. Sementara itu, vitamin A, D, E, dan K sama-sama larut dalam lemak dan membutuhkan lemak jenuh untuk diserap ke dalam tubuh. 

4. Penting untuk semua fungsi tubuh

Semua sel yang ada di dalam tubuh, mulai dari darah hingga organ, memiliki membran. Membran ini melindungi sel dari luar sehingga dapat mengatur apa yang masuk dan keluar dari sel Anda. Pada dasarnya, membran berfungsi sebagai lapisan pelindung dan membutuhkan lemak jauh untuk pembentukannya. 

5. Baik untuk tulang

Seperti yang telah diketahui bahwa tulang terbuat dari kalsium. Namun, untuk mensintesis kalsium ini membutuhkan asam lemak yang terbuat dari lemak jenuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro