Manfaat Tape Singkong/iStockphoto
Health

7 Manfaat Tape Singkong yang Sangat Baik bagi Kesehatan

Hana Fathina
Senin, 8 Mei 2023 - 17:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tape singkong merupakan salah satu camilan tradisional yang cukup populer, khusus nya di pulau Jawa. Rasanya yang manis dan harganya yang relatif murah membuat makanan fermentasi ini banyak digemari banyak orang. Tapi, kamu juga harus mengetahui manfaat tape singkong untuk Kesehatan tubuh. 

Singkong merupakan umbi-umbian yang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan tersebut kaya akan vitamin C yang merupakan vitamin penting yang bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mendukung produksi kolagen, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kerusakan sel. 

Beragam Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan:

Berikut beragam manfaat tape singkong yang akan diperoleh jika kamu mengkonsumsinya dengan porsi yang tepat:

1. Menghangatkan Tubuh

Manfaat tape singkong yang pertama adalah sebagai penghangat tubuh. Ketika cuaca sedang dingin, makanan ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Hal ini karena alkohol yang rendah dalam tape singkong bisa menghangatkan tubuh. Selain itu, makanan ini juga baik dikonsumsi Ketika kamu sedang demam dan merasa lemah. 

2. Mengobati Jerawat

Camilan ini bisa membantu tubuh untuk menetralisir racun yang menumpuk pori-pori. Pori-pori yang tersumbat oleh racun dan kotoran akan menyebabkan jerawat. Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat tape singkong yang satu ini, kamu bisa mengganti camilan kamu dengan tape.

3. Meningkatkan Fungsi Seksual

Bagi pasangan suami istri yang memiliki masalah dengan fungsi seksual, makanan olahan singkong ini mungkin bisa bekerja jauh lebih efektif dari obat kimia. Tape singkong kaya akan karbohidrat dan protein yang merupakan sumber energi untuk merangsang fungsi seksual secara perlahan tapi pasti. 

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Proses fermentasi singkong dalam pembuatan tape bisa meningkatkan kandungan probiotik di dalamnya. Kandungan tersebut untuk meningkatkan Kesehatan sistem pencernaan. Probiotik bisa melawan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna. 

5. Mengatasi Anemia

Selanjutnya, manfaat tape singkong juga bisa mengatasi anemia, loh. Kandungan vitamin B12 yang terkandung dalam tape singkong diketahui meningkat selama proses fermentasi menjadi tape. Vitamin B12 baik untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Oleh karena itu, tape bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk penderita anemia. 

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sebagian besar faktor yang membentuk imunitas tubuh bisa ditemukan di usus. Oleh karena itu, sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci daya tahan tubuh yang kuat. Konsumsi makanan fermentasi seperti tape, bisa membantu usus dalam memecah makanan dan meningkatkan kadar probiotik yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

7. Mencegah Konstipasi

Terakhir, mencegah konstipasi merupakan manfaat tape singkong yang akan kamu peroleh. Tape merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Selain kandungan probiotiknya, manfaat ini juga bisa diperoleh dari kadar air dan serat di dalamnya yang cukup tinggi. 


Itulah beragam manfaat tape singkong bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum kamu ketahui.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro