Lupus. aoccb.com
Health

Jangan Terlambat Deteksi, Ini Gejala Awal Sakit Lupus

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 11 Mei 2023 - 16:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lupus merupakan penyakit autoimun jangka panjang yang sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat. Penyakit ini dapat memengaruhi hampir semua organ di tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, lupus memiliki beberapa jenis, yakni lupus eritematosus sistemik (SLE), lupus kulit (DLE), lupus yang diinduksi obat (DIL), dan lupus neonatal. Lupus dapat menyebabkan berbagai gejala di seluruh tubuh. Penyebab penyakit autoimun ini tidak jelas pastinya.

Ketika seseorang memiliki penyakit autoimun, seperti lupus, sistem kekebalan tubuh tidak dapat membedakan antara zat yang tidak diinginkan, antigen, dan jaringan sehat.

Tubuh salah mendeteksi pada dirinya sendiri dan menganggap hal tersebut adalah ancaman dari luar.

Akibatnya, sistem kekebalan mengarahkan antibodi terhadap jaringan sehat dan antigen yang menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan kerusakan jaringan.

Melansir Centers of Disease Control and Prevention, gejala lupus juga berbeda dari orang ke orang. Misalnya, satu orang dengan lupus mungkin mengalami lutut bengkak dan demam, orang lain mungkin lelah sepanjang waktu atau mengalami masalah ginjal, dan yang lainnya mungkin mengalami ruam.

Seiring waktu, gejala baru dapat berkembang atau beberapa gejala mungkin lebih jarang terjadi.

Gejala lupus juga biasanya datang dan pergi, artinya penderita lupus tidak mengalaminya setiap saat.

Lupus adalah penyakit flare yang artinya ketika gejalanya memburuk, Anda merasa sakit dan remisi yang artinya ketika gejalanya membaik, Anda merasa lebih baik.

Berikut gejala-gejala lupus yang perlu diperhatikan.

1. Nyeri otot dan sendi

Anda mungkin mengalami rasa sakit dan kaku, dengan atau tanpa pembengkakan. Kondisi ini mempengaruhi kebanyakan orang dengan lupus. Area umum untuk nyeri otot dan bengkak meliputi leher, paha, bahu, dan lengan atas.

2. Demam

Demam yang lebih tinggi dari 37 derajat Celcius sering disebabkan oleh peradangan atau infeksi bisa menjadi salah satu gejala lupus. Obat lupus dapat membantu mengelola dan mencegah demam.

3. Ruam

Ruam bisa terjadi di bagian tubuh mana pun yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, lengan, dan tangan. Salah satu tanda umum lupus adalah ruam merah berbentuk kupu-kupu di hidung dan pipi.

4. Nyeri dada

Lupus dapat memicu peradangan pada selaput paru-paru dan menyebabkan nyeri dada saat bernapas dalam-dalam.

5. Rambut rontok

Bintik-bintik tambal sulam atau botak sering terjadi. Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh beberapa obat atau infeksi.

6. Sensitivitas matahari atau cahaya

Kebanyakan penderita lupus sensitif terhadap cahaya. Kondisi ini yang disebut fotosensitifitas. Paparan cahaya dapat menyebabkan ruam, demam, kelelahan, atau nyeri sendi pada beberapa penderita lupus.

n ruam kelopak mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro