10 Makanan Khas Maluku, Mayoritas Terbuat Dari Sagu - papeda (wikimedia commons)
Kuliner

10 Makanan Khas Maluku yang Dicari Wisatawan

Nuraini
Kamis, 11 Mei 2023 - 21:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Maluku terkenal dengan keindahan alamnya. Jadi, tidak mengherankan kalau Maluku memiliki daya tarik luar biasa bagi wisatawan untuk sekadar berlibur.

Tidak hanya itu, makanan khas Maluku juga menjadi salah satu hal yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke daerah tersebut. 

Bagi Anda yang sedang berencana liburan ke Maluku, makanan tradisional berikut ini mungkin bisa Anda cicipi. 

Rekomendasi Makanan Khas Maluku 

Makanan khas daerah Maluku mayoritas terbuat dari sagu, salah satunya papeda. Berikut ini rekomendasi makanan Maluku yang perlu Anda coba.

  • Papeda

Salah satu makanan khas Maluku adalah papeda. Makan papeda harus dituang terlebih dahulu ke atas piring dengan menggunakan sepasang sumpit. Makanan tradisional ini terbuat dari tepung sagu yang diolah hingga menjadi seperti bubur. Biasanya disajikan bersama dengan ikan mubara atau tongkol yang sudah dibumbui kunyit. 

  • Sagu Gula

Makanan adat Maluku ini terbuat dari sagu. Sagu gula berbentuk persegi panjang dengan bagian atas terdapat gula merah cair yang sudah meresap ke sagu. Biasanya dimakan bersama dengan kopi sibu-sibu khas Maluku.

  • Bubur Ne

Bubur ne adalah makanan tradisional Maluku yang dibuat dari sagu yang dibentuk bulat kecil-kecil beraneka warna. Kemudian, bulatan sagu tersebut dimasak dalam santan sampai empuk dan dicampur ke dalam gula merah, daun pandan, dan kayu manis. 

Biasanya dimakan sebagai makanan penutup. Bisa dimakan panas ataupun dingin dengan tambahan es. 

  • Suami

Tidak akan Anda temukan makanan khas dengan nama seperti ini di kota lain. Suami adalah makanan adat Maluku yang terbuat dari ubi parut yang sudah diperas dan dikukus. Biasanya dijual tanpa toping atau bisa dengan menggunakan toping gula atau kelapa setengah tua. 

  • Halua Kenari

Maluku Utara terkenal dengan hasil kenarinya yang melimpah. Halua kenari adalah makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari campuran kenari dan gula merah. Makanan ini bercita rasa manis dengan tekstur legit. 

  • Kue Bagea Kenari

Kue bagea terbuat dari bahan sagu dengan tambahan kayu manis dan berbagai jenis kacang. Kue bagea kenari menjadi salah satu jenis bagea yang terkenal. Berbeda dengan halua kenari yang manis dan legit, makanan khas Maluku Utara yang satu ini punya tekstur renyah dengan cita rasa gurih. 

  • Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala banda terbuat dari ikan kakap atau ikan kerapu. Ikan tersebut dimasak dengan bumbu dari buah pala, merica, dan rempah-rempah lainnya. Rasanya yang pedas sekaligus asam bisa bikin Anda ketagihan. 

  • Gohu Ikan

Makanan khas Maluku Utara ini mirip dengan sashimi yang dimakan mentah-mentah. Ikan yang digunakan umumnya ikan cakalang ataupun tuna. 

Ikan yang sudah dicuci, dipotong dadu, dan dilumuri garam juga perasan lemon. Kemudian, ditambahkan daun kemangi dan didiamkan beberapa saat sebelum dimakan. Bisa juga dengan menambahkan tumisan bawang merah dan cabe rawit rajang di atasnya. 

  • Acar Kuning

Acar khas Maluku ini terbuat dari rebung, kecipir muda, bawang merah, mentimun, daun salam, nanas, dan cabai merah yang dihaluskan dan ditumis. Kalau sudah matang, bisa langsung dimakan atau dimakan bersama dengan nasi dan lauk. 

  • Kue Asida

Kue asida punya cita rasa manis dengan tekstur legit. Kue ini banyak dibuat di bulan puasa untuk dijadikan sebagai makanan berbuka. Kalau tidak di bulan puasa, kue ini cocok dimakan sebagai cemilan pagi ataupun sore hari. 

Itulah 10 rekomendasi makanan khas Maluku yang mayoritas terbuat dari bahan dasar sagu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro