Rekomendasi Makanan Khas Lampung yang Rasanya Nikmat (pexels)
Kuliner

8 Rekomendasi Makanan Khas Lampung yang Rasanya Nikmat

Nuraini
Kamis, 11 Mei 2023 - 22:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Datang ke Lampung, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Lampung.

Perlu diketahui bahwa Lampung merupakan provinsi yang ada di ujung selatan Pulau Sumatera. Letaknya cukup dekat dengan Ibu Kota DKI Jakarta.

Tak jarang, masyarakat dari Jakarta maupun kota lain datang ke Lampung untuk berlibur. Pasalnya, disana terdapat banyak tempat wisata alam yang mempesona. Selain itu, daya tarik lain dari provinsi ini ada pada makanannya.

Kuliner khas Lampung terkenal enak dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan daerah lain. apa saja makanan khas Bandar Lampung? Simak penjelasannya berikut ini.

Rekomendasi Makanan Khas Lampung

1. Seruit

Salah satu makanan khas Lampung adalah seruit. Makanan ini terbuat dari ikan bakar yang dipadukan dengan sambal terasi khas Bandar Lampung. Makanan ini biasanya disajikan saat acara adat atau keagamaan. Meski demikian, masyarakat Lampung juga sering mengkonsumsi seruit sebagai lauk sehari-hari.

2. Tempoyang

Tempoyang merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari durian fermentasi. Makanan ini memiliki rasa yang khas. Biasanya, tempoyang disajikan bersama irisan cabai rawit yang membuat rasanya semakin nikmat.

Tempoyang dapat diolah bersama aneka ikan seperti ikan mujair, teri, mas, dan lain sebagainya. Jika ingin diolah sebagai sambal, maka Anda perlu menambahkan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Kemudian goreng sampai aromanya harum.

3. Gulai Tabok

Masakan khas Lampung lainnya yaitu gulai taboh. Makanan ini memiliki rasa yang unik. Biasanya, gulai ini terbuat dari ubi-ubian dan kacang-kacangan. Cara memasaknya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampur santan bersama kacang hijau atau kacang-kacangan lain dengan rebung dan kentang. Anda juga dapat menambahkan daun sirih atau terasi agar rasanya semakin autentik dan lezat.

4. Umbu

Makanan khas Lampung lainnya yaitu umbu. Makanan ini terbuat dari rotan muda yang diolah dengan cara risebut sampai lunak. Umbi biasanya dijadikan bahan dasar sayuran seperti oseng atau lalapan. Saat ini, umbu lebih banyak dijumpai pada acara adat atau acara-acara penting karena rotan semakin jarang dijumpai.

5. Kemplang

Tak hanya makanan berat, Lampung juga memiliki beraneka ragam cemilan yang rasanya enak. Salah satu makanan ringan khas Lampung yaitu kemplang. Makanan ini terbuat dari ikan yang dipanggang. Rasanya gurih membuat banyak orang menyukai camilan ini.

6. Keripik Pisang

Lampung terkenal dengan hasil pertanian berupa buah pisang. Maka dari itu, salah satu makanan ringan dari Lampung yaitu keripik pisang. Ada banyak varian keripik pisang Lampung mulai dari susu, coklat, keju, sapi panggang, dan lain sebagainya. Keripik pisang ini menjadi oleh-oleh yang banyak diburu pelancong yang sedang berlibur di Lampung.

7. Engkak

Engkak adalah kue khas Lampung yang terbuat dari tepung ketan, gula, telur, susu, santan, dan mentega. Adonan tersebut kemudian dipanggang sampai matang. Sekilas engkak mirip dengan kue lapis legit. Rasa kue engkak yang manis sangat cocok dinikmati saat sarapan pagi.

8. Kue Segumpal

Selain engkak, ada juga kue segumpal. Makanan ini banyak dijumpai saat bulan Ramadan. Kue ini juga terbuat dari ketan dan santan. Kue segumpal biasanya dinikmati saat buka puasa atau saat perayaan adat.

Itulah beberapa makanan khas Lampung yang menarik untuk dicoba saat berada di Lampung. Anda juga bisa membaca kue atau makanan ringan khas dari Lampung untuk oleh-oleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro