Makanan Khas Sulawesi Selatan, Kudapan Unik dan Menggiurkan - pisang epe (instagram.com_yoi.epe)
Kuliner

6 Makanan Khas Sulawesi Selatan, Kudapan Unik dan Menggiurkan

Nuraini
Kamis, 11 Mei 2023 - 22:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak akan ada habisnya apabila berbicara mengenai makanan khas Nusantara. Setiap daerah mempunyai makanan dengan kearifan lokalnya tersendiri.

Lalu bagaimana dengan makanan khas Sulawesi Selatan? Berikut ini beberapa makanan khas daerah Sulawesi Selatan yang rasanya enak. 

Makanan Khas Sulawesi Selatan Beserta Penjelasannya

Bagi Anda yang sedang berada di Sulawesi Selatan, tak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Berikut ini pilihan makanan khas dari daerah Sulawesi Selatan yang rasanya enak. 

  • Pisang Epe

Salah satu makanan khas Sulawesi Selatan adalah pisang epe. Makanan ini terbuat dari bahan dasar pisang raja ini memiliki cita rasa manis. Pisang epe berasal dari daerah Makassar. Nama pisang epe berarti pisang jepit yang sesuai dengan proses pembuatannya. 

Sebelum dijepit hingga pipih, pisang raja dibakar hingga matang. Pisang yang sudah matang tersebut dijepit hingga pipih yang kemudian diberi topping berupa gula kelapa cair. Walau terbilang sederhana, makanan khas daerah Sulawesi Selatan ini memiliki cita rasa yang tidak diragukan lagi dan patut untuk dicicipi.

  • Es Pisang Ijo

Kepopuleran es pisang ijo memang tidak diragukan lagi. Saking populernya, jajanan khas Sulawesi Selatan ini, bisa Anda temui di berbagai daerah di Pulau Jawa. Perpaduan antara pisang berselimut adonan hijau yang kenyal dengan rasa manis sirup dan gurihnya santan semakin memperkuat jajanan yang satu ini. 

Adonan hijau tersebut terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur santan dan ekstrak daun pandan. Selain santan dan sirup, terkadang es pisang ijo diberi tambahan bubur sum-sum dan susu kental manis sebagai pelengkapnya.

  • Jalangkote

Kue khas Sulawesi Selatan yang satu ini sering dikira sebagai pastel. Apabila dilihat dari bentuknya, jalangkote mirip dengan pastel yaitu berbentuk setengah lingkaran dengan pola bergelombang di sisi melengkungnya. 

Jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan pastel. Namun isinya tak jauh berbeda dengan pastel. Seringkali jalangkote memiliki isian berupa daging (daging ayam, ikan, atau sapi), sayuran, telur, soun dan masih banyak variasi lainnya. 

Pada dasarnya tidak ada aturan khusus mengenai isian kue khas Sulawesi Selatan. Yang ada hanya ciri khas saus pendampingnya berupa saus cabai.

  • Sop Konro 

Dalam bahasa Makassar, sop Konro memiliki arti sop tulang iga sapi. Ciri khas makanan Sulawesi Selatan ini yaitu konro atau iga sapi yang disajikan bersama kuah kaldu iga sapi dengan berbagai bumbu rempah seperti kayu manis, daun lemon, cengkeh, pala, ketumbar, kunyit, kencur, daun salam, dan juga kluwek. Penggunaan kluwek tersebut menjadikan kuah sop konro memiliki warna kecoklatan. 

  • Konro Bakar

Makanan khas Sulawesi Selatan yang satu ini merupakan variasi dari olahan konro. Konro bakar berupa iga sapi yang dibakar terlebih dahulu. Berbeda dengan sop konro yang disajikan dengan kuah kaldu iga sapi, konro bakar dibumbui dengan bumbu kacang khas Makassar. Biasanya konro bakar dijadikan lauk pendamping nasi hangat.

  • Coto Makassar

Coto merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari potongan daging dan jeroan sapi. Daging atau jeroan sapi kemudian disajikan dengan kuah segar khas Makassar. Daging isian coto Makassar tidak harus sapi, dapat pula menggunakan daging kambing hingga daging kuda. Seringkali coto Makassar dimakan bersama dengan ketupat atau nasi hangat. 

Itulah beberapa makanan khas Sulawesi Selatan yang rasanya enak. Makanan tersebut bisa Anda temukan di wilayah Sulawesi Selatan. Anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga yang tinggal di luar Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro