Gurun Sahara
Travel

Bukan Gurun Sahara, Ini Daftar 10 Gurun Terluas di Dunia

Salma Permata Dewi
Kamis, 11 Mei 2023 - 18:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian dari Anda mungkin akan mengatakan bahwa Gurun Sahara adalah gurun terbesar di dunia.

Jawaban itu sebagian ada benarnya karena Gurun Sahara adalah gurun non-kutub terbesar di dunia yang berarti gurun ini panas dan gersang serta sangat tidak bersahabat bagi kehidupan tumbuhan dan hewan.

Namun, sebenarnya ada yang lebih luas daripada Gurun Sahara.

Sebelum itu, terdapat empat jenis gurun utama di bumi yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

- Gurun yang panas dan kering dengan suhu yang hangat dan kering sepanjang tahun.
- Gurun semi-gersang dengan musim panas yang panjang dan kering dengan sedikit hujan di musim dingin. Gurun ini juga lebih dingin daripada gurun panas dan kering.
- Gurun pantai yang memiliki kelembapan paling tinggi di antara keempat jenis gurun lainnya.
- Gurun dingin kering dan sangat dingin, meskipun salju dan hujan lebat sepanjang musim dingin biasa terjadi.

Melansir dari science.howstuffworks.com, berikut adalah urutan gurun terbesar di dunia:

10. Gurun Great Basin

Di posisi nomor sepuluh ada Gurun Great Basin dengan wilayah gersang yang luas di bagian barat Amerika Serikat, meliputi 190.000 mil persegi (492.000 kilometer persegi) di Nevada, Utah, California, Oregon, Idaho, dan Wyoming. Gurun ini memiliki rumpun besar sagebrush, dataran garam, dan dasar danau kering, serta menjadi rumah bagi berbagai spesies tanaman dan hewan unik yang beradaptasi dengan lingkungan gurun.

9. Gurun Syria

Gurun Syria merupakan wilayah gersang seluas 190.000 mil persegi (492.000 kilometer persegi) di Timur Tengah, yang meliputi sebagian wilayah Suriah, Yordania, dan Irak. Gurun ini memiliki wilayah yang keras dan tidak ramah yang ditandai dengan adanya petak-petak besar dataran pasir dan kerikil yang tandus. Adapun pegunungan berbatu dan dasar sungai yang sesekali kering yang disebut wadi.

8. Gurun Kalahari

Gurun yang termasuk dalam kategori semi-gersang ini memiliki luas sekitar 220.000 mil persegi (569.797 kilometer persegi) dari wilayah Botswana, Namibia, dan Afrika Selatan. Bukit pasir merahnya yang bergelombang dan sabana yang luas menjadi rumah berbagai hewan liar endemik Afrika bagian selatan, termasuk singa, cheetah, hyena, jerapah, dan zebra.

7. Gurun Great Victoria

Gurun Australia ini meliputi area seluas 250.000 mil persegi (647.497 kilometer persegi) dalam lanskap yang sunyi di benua yang paling terpencil di dunia. Gurun ini memiliki wilayah yang sangat luas yang sebagian besarnya terdiri dari padang rumput datar, danau garam, pegunungan kecil, lembah kering dan dataran tinggi berbatu.

6. Gurun Patagonian

Gurun Patagonian ini memiliki wilayah seluas 260.000 mil persegi (673.000 kilometer persegi) di Argentina dan Chili. Dilatarbelakangi oleh Pegunungan Andes dan Patagonian Steppe yang megah, gurun yang termasuk dalam jenis semi-kering ini ditumbuhi oleh berbagai tanaman dan hewan, termasuk Pohon Beech Selatan dan Cypress Patagonian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro