6 Makanan Khas Bangka Belitung yang Rasanya Enak dan Unik (instagram.com_miebangka25)
Kuliner

6 Rekomendasi Makanan Khas Bangka Belitung yang Paling Unik

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 18:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daerah Bangka Belitung atau biasa dijuluki dengan Babel, memiliki segudang kearifan lokal di bidang kuliner. Ragam makanan khas Bangka Belitung dipengaruhi oleh kondisi daerahnya yang dikelilingi lautan.

Ada olahan ikan seperti lempah kuning dan sambal likung, hingga olahan mi seperti mi bangka dan mie koba. Untuk mengusir rasa penasaran, artikel ini akan memberikan informasi mengenai rangkuman sederet makanan khas daerah Bangka Belitung.

Makanan Khas Bangka Belitung

Berikut deretan makanan khas Bangka Belitung yang wajib dicicipi apabila berkunjung ke daerah Bangka Belitung maupun Restoran Bangka Belitung

  • Sambal Lingkung

Sambal lingkung menjadi salah satu makanan khas Bangka Belitung yang berbahan dasar ikan. Wujud dari sambal lingkung mirip dengan abon atau serundeng. Oleh karena itulah, masyarakat sering menyebut sambal lingkung sebagai abon ikan khas Bangka Belitung. 

Ikan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah ikan tenggiri. Ditambahkan pula bahan lain seperti santan, ketumbar, cabai, dan bumbu dapur lain secukupnya. Sambal lingkung biasa dijadikan jamuan pada saat hari raya Idul fitri dan Idul Adha serta pada acara hajatan.

  • Lempah Kuning

Makanan khas daerah Bangka Belitung yang berbahan dasar ikan lainnya adalah lempah kuning. Sup ikan berwarna kuning ini memiliki cita rasa asam, gurih, dan segar. Bahan dasarnya berupa potongan ikan patin dengan bumbu berupa air jeruk nipis, daging nanas, belimbing wuluh, cabai rawit, kemangi, dan asam jawa. 

Tidak lupa untuk mengikutsertakan rempah dan bumbu dapur dasar seperti bawang merah, bawang putih, gula, garam, kunyit bakar, kemiri, dan lengkuas. Lempah kuning cocok dimakan bersama dengan nasi putih hangat.

  • Mie Bangka

Mie Bangka adalah makanan khas dari Bangka Belitung hasil akulturasi dengan budaya tiongkok, lebih tepatnya masuk ke dalam jenis makanan Hakka atau Khek. Makanan ini dibawa oleh masyarakat Han saat berbisnis di tambang timah Bangka Belitung. 

Aslinya, mie Bangka disajikan dengan taburan daging babi. Namun, kini mie bangka hadir dengan topping berupa daging ayam, ikan, dan seafood. Ada juga tambahan daun bawang dan tauge sebagai pelengkapnya. Makanan khas Bangka Belitung yang satu ini memiliki kuah bening berupa kaldu ayam.

  • Mie Koba

Sesuai namanya, mie koba adalah makanan khas daerah Bangka Belitung yang berasal dari Kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Ciri khas mie koba terletak pada kuahnya. 

Kuah dengan cita rasa gurih ini, berasal dari kaldu daging ikan tenggiri. Sebagai pelengkap, ditambahkan tauge, daun seledri, bawang goreng, serta telur rebus. Terkadang, mie koba diberi perasan jeruk kunci khas Bangka untuk menambah kesegarannya.

  • Pantiaw

Pantiaw merupakan makanan Bangka Belitung berupa mie berkuah. Berbeda dengan mie Bangka dan mie koba, pantiaw menggunakan mie gepeng berwarna putih dengan tekstur kenyal yang terbuat dari tepung beras dan gandum. 

Pantiaw disajikan dengan topping berupa ikan giling, tauge, dan bawang goreng yang selanjutnya diberi kuah air hangat. Namun, ada juga pantiaw kering yang disajikan tanpa kuah.

  • Bong Li Piang

Makanan khas Bangka Belitung yang tergolong jenis makanan Hakka lainnya adalah Bong Li Piang. Makanan ini termasuk kue manis tradisional Bangka Belitung. Bong Li Piang memiliki bahan utama berupa terigu, santan, gula aren, dan selai nanas sebagai isinya. Kue ini cocok dijadikan sebagai makanan penutup atau teman kopi dikarenakan cita rasanya yang manis.

Demikian sederet makanan khas Bangka Belitung, mulai dari lempah kuning hingga bong li piang. Anda bisa menemukan makanan-makanan tersebut di daerah Bangka Belitung atau restoran yang menyajikan masakan Bangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro