9 Makanan Khas Batak yang Rasanya Autentik - Dali Ni Horbo (instagram.com/dalinihorbotiar)
Kuliner

9 Makanan Khas Batak yang Rasanya Autentik

Nuraini
Rabu, 17 Mei 2023 - 20:04
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Batak merupakan salah satu suku di Indonesia, tepatnya di Sumatera Utara. Suku ini memiliki jenis kebudayaan yang beragam, mulai dari lagu daerah, tari tradisional, hingga makanan khasnya. Ada banyak makanan khas Batak yang rasanya enak.

Para pecinta kuliner wajib mencicipi makanan-makanan dari suku ini. Berikut ini masakan khas Batak yang rasnaya autentik.

Rekomendasi Makanan Khas Batak

1. Itak Gurgur

Urutan pertama makanan khas Batak adalah itak gurgur. Itak gurgur merupakan kuliner sederhana yang bisa dibuat dengan cepat. Makanan ini biasanya disajikan saat berkumpul bersama keluarga atau ketika ada tamu. Kuliner ini terbuat dari adonan itak yang dicampur dengan parutan kelapa muda, gula, dan air panas.

Setelah itu, adonan dikepal dan dibuat bulat lonjong setengah pipih. Adonan yang sudah dibentuk kemudian dikukus. Setelah kering, makanan sudah bisa disajikan.

2. Dali Ni Horbo

Makanan khas Batak lainnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu dali ni horbo. Makanan ini terbuat dari susu kerbau alami yang dibentuk seperti tahu.

Cara membuatnya dengan memasak susu kerbau kemudian tambahkan air garam dan air perasan daun pepaya. Setelah itu, diamkan sampai susu mengendap dan mengental. Adonan yang berbentuk menyerupai seperti tahu sutra lembut.

3. Lapet

Lapet adalah makanan tradisional Batak yang dibuat dari tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah. Campuran bahan-bahan tersebut kemudian dibentuk limas segi empat.

Setelah itu, adonan dikukus sampai mengeluarkan aroma wangi dari kue dan daun pisang yang digunakan untuk membungkus adonan lapet. Rasa makanan khas batak ini gurih dan manis, sehingga sangat cocok dinikmati bersama teh atau kopi.  

4. Mie Gomak

Makanan khas daerah Batak selanjutnya yaitu mie gomak. Makanan ini terbuat dari mie yang diberi bumbu khas. Rasa mie ini pedas dengan tekstur kental. Mie ini banyak disukai masyarakat setempat maupun wisatawan yang datang ke Sumatera Utara.

5. Sasagun

Makanan khas Batak Toba lainnya yaitu sasagun. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang disangrai bersama kelapa parut dan gula merah atau gula aren. Rasa sasagun akan lebih nikmat jika diolah bersama durian atau nanas. Selain itu, ada juga yang membuat sasagun dengan campuran kacang atau buah-buahan lainnya.

6. Gadong

Gadong adalah salah satu kue yang khas Batak yang rasanya enak. Bahan untuk membuat makanan khas batak ini sebenarnya mirip dengan lapet. Hanya saja, gadong dimasak dengan cara digoreng. Rasa makanan ini semakin nikmat ketika disantap saat masih hangat.

7. Saksang

Makanan khas Suku Batak lainnya yaitu saksang. Makanan ini terbuat dari daging babi. Saksang memiliki rasa yang pedas dan kuah yang kental. Saksang cocok dinikmati saat cuaca dingin atau musim hujan.

8. Sambal Tuktuk

Sambal tuktuk adalah sambal khas Batang. Berbeda dengan olahan sambal lainnya, dalam sambal tuktuk terdapat ikan cincang sehingga memberikan rasa yang khas. Sambal ini sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat dan lauk pauk lainnya.

9. Trites atau pagit-pagit

Rekomendasi makanan khas Batak yang terakhir ada trites atau pagit-pagit. Makanan ini terbuat dari daun yang ada di perut kerbau, sapi, atau kambing. Makanan ini tergolong ekstrim dan jarak ditemukan di wilayah lain.

Cara mengambil daun tersebut yaitu saat menyembelih hewan ternak berukuran besar. Harapannya, lambung hewan tersebut terdapat dedaunan yang belum diolah oleh sistem pencernaan hewan ternak.

Daun-daun tersebut kemudian diolah bersama bumbu khusus agar tidak bau dan rasanya tidak pahit. Makanan ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit maag atau masalah pada pencernaan. 

Itulah daftar rekomendasi makanan khas Batak yang memiliki cita rasa otentik dan wajib untuk dicoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro