Orang sedang mengecek kadar gula darah untuk diabetes/freepik
Health

WHO: Pemanis Stevia Tak Selalu Alami dan Miliki Efek Samping, Ini Bahayanya

Arlina Laras
Jumat, 19 Mei 2023 - 10:17
Bagikan

Melansir dari Healthline, berikut langkah-langkah yang dapat membantu Anda mengurangi asupan gula dan pemanis. 

Cara kurangi asupan gula dan pemanis:

1. Biasakan diri

Secara bertahap kurangi konsumsi gula, termasuk pemanis buatan, dan tambahkan lebih banyak makanan kaya protein dan serat dalam diet Anda.

Ini dapat membantu mengurangi keinginan terhadap gula. Konsumsi protein dan serat bersama makanan yang mengandung gula dapat membantu mengontrol lonjakan kadar gula darah dan memberikan rasa kenyang.

2. Pilih makanan tanpa tambahan gula

Misalnya, pilih sereal gandum utuh atau yogurt Greek tanpa pemanis. Hindari minuman yang diberi tambahan gula seperti soda, minuman energi, minuman olahraga, dan jus buah. Pilihlah air putih sebagai penggantinya.

3. Minum kopi dan teh tanpa atau less sugar

Berhati-hatilah dengan minuman di kedai kopi, karena kopi-kopi dan minuman kopi bercita rasa bisa mengandung banyak gula, bahkan lebih banyak daripada dalam satu kaleng soda.

4. Nikmati buah sebagai makanan penutup

Cobalah buah-buahan seperti apel panggang dengan kayu manis, buah beri, atau persik panggang sebagai alternatif untuk kue, es krim, kue, dan makanan manis lainnya.

5. Perhatikan gula yang tersembunyi

Gula tambahan sering terdapat dalam makanan yang tidak terasa "manis", seperti saus, roti, saus salad, dan krim salad. Perhatikan juga label bahan makanan yang tercantum di kemasan. 

Pemanis tambahan biasanya menggunakan nama-nama lain seperti agave, gula merah, pemanis jagung, sirup jagung, dekstrosa, jus tebu mengering, fruktosa, konsentrat jus buah, nektar buah, glukosa, sirup jagung tinggi fruktosa, madu, gula terbalik, laktosa, sirup malt, maltosa, molase, sirup maple, gula mentah, sukrosa, trehalosa, dan gula turbinado.

6. Periksa label informasi gizi

Semua makanan dan minuman harus mencantumkan jumlah dan jenis gula yang terkandung di dalamnya. Perhatikan nama-nama gula tambahan yang dapat digunakan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro