Peluang Nilai Tambah Event Internasional Sentuh Rp162 T, Berapa dari Konser Coldplay? Poster Konser Coldplay di Jakarta./ Instagram PK Entertainment
Entertainment

Peluang Nilai Tambah Event Internasional Sentuh Rp162 T, Berapa dari Konser Coldplay?

Akbar Evandio
Senin, 22 Mei 2023 - 18:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi total nilai tambah dari 3.000 event termasuk dari konser internasional sepanjang tahun 2023 mencapai Rp162 triliun.

Sandi pun mengamini bahwa konser band asal Inggris Coldplay di Indonesia turut memberikan nilai tambah bagi nilai ekonomi di Tanah Air.

“Kami sedang mencatat dan menghitung potensi nilai tambah [konser Coldplay] terhadap ekonomi Indonesia, tetapi dari total 3.000 event termasuk konser internasional pada 2023 ini target capaian ekonominya sekitar Rp162 triliun atau melebihi US$10 miliar,” tuturnya kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin (22/5/2023).

Lebih lanjut, dia pun optimistis kehadiran Coldplay atau konser internasional juga berpengaruh terhadap program pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif di Tanah Air yang diharapkan melahirkan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektro pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“[Kedatangan Coldplay] berarti ini juga akan membantu dalam membuka peluang usaha dan target penciptaan lapangan kerja di parekraf sejumlah 4,4 lapangan kerja bisa tercapai, kami sangat yakin,” pungkas Sandi.

Sekadar informasi, konser grup musik asal Inggris Coldplay yang rencananya digelar pada Rabu, 15 November 2023. Dalam dua hari, tiket konser tersebut terjual habis.

Sejumlah konser juga sudah dijadwalkan pada tahun ini, se-perti Red Velvet, Baby Metal, Suga BTS, 2 Dekade D’Masif, NIKI dan David Foster. Selain itu beberapa festival musik tahunan juga menunggu pelaksanaan seperti Java Jazz, We the Fest, Synchronize, dan Pesta Pora.

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu menginstruksikan kepada para pemimpin daerah untuk tidak menghambat perizinan acara seni maupun olahraga.

Dalam acara pengarahan kepada Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia yang digelar di Balikpapan, Jokowi mengatakan pada tahun ini ada sekira 3.000 event olahraga dan seni. Sehingga, berbagai kegiatan besar ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya sudah titip ke Kapolri dan sekarang saya ketemu Gubernur dan wakil Gubernur, serta sekretaris daerah, untuk izin-izin masalah ini jangan ada yang dihambat," kata Jokowi, Kamis (23/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro