Ilustrasi wanita tidur nyenyak/Freepik
Health

Beragam Tips Tidur Nyenyak dari Berbagai Negara, Unik dan Menarik

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 8 Juni 2023 - 20:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orang mungkin pernah merasakan tidak bisa tidur padahal tubuh sudah kelelahan. Biasanya, hal ini membuat seseorang menjadi gelisah atau tidurnya tidak nyenyak.

Banyak solusi yang dapat dicari untuk mengatasi masalah tersebut. Ada berbagai tips untuk tidur lebih nyaman dan nyenyak dari seluruh dunia. Tiap daerah memiliki cara masing-masing untuk mendapatkan istirahat yang dibutuhkan.

Berikut beberapa tips tidur nyenyak dari berbagai negara dilansir dari Healthline.

1. China

China memiliki dua tips tidur nyenyak yang terkenal, yakni merendam kaki dan mengonsumsi buah jujube.

- Rendam kaki
Merendam kaki sebelum tidur adalah kegiatan favorite bagi Anda yang mungkin sering menikmati perawatan pedikur. Kebiasaan ini berakar pada Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Merendam kaki adalah cara yang bagus untuk melepas lelah, menenangkan, dan menuai manfaat dari sedikit terapi air panas. Untuk melakukan perendaman kaki ini hanya membutuhkan bak atau baskom kecil dan air panas. Anda juga bisa memilih bahan-bahan tambahan, seperti garam epsom, minyak esensial, kulit buah, herbal, dan lainnya.

Menurut TCM, ini dapat membantu mengurangi jumlah energi vital di dalam pikiran. Debbie Kung, dokter TCM dan ahli akupunktur, mengatakan bahwa suhu hangat akan membuat lebih rileks karena melemaskan sistem limbik. Suhu hangat juga memberikan sinyal ke otak dan tubuh untuk mempersiapkan tidur.

- Buah jujube
Buah jujube digunakan dalam TCM untuk menenangkan pikiran dan emosi, mendorong suasana hati yang santai dan tidur nyenyak. Jujube mengandung dua bahan kimia, saponin dan flavonoid. Dua bahan kimia tersebut menekan perasaan stres sekaligus meningkatkan relaksasi.

2. India

India menggunakan obat herbal untuk solusi tidur nyenyak. Salah satu herbal terpenting dalam pengobatan Ayurveda, pengobatan tradisional anak benua India, adalah ashwagandha yang telah digunakan selama ribuan tahun. Herbal ini digunakan untuk mengurangi stres, kecemasan, dan mendukung pengobatan gejala yang berkaitan dengan kesehatan mental. Sebuah studi pada 2020 juga menemukan manfaat ashwagandha sebagai berikut.

- mengurangi latensi tidur
- peningkatan kualitas tidur
- mengurangi tidur non-restoratif
- peningkatan kualitas hidup

3. Swedia

Swedia memiliki makanan dan minuman pengantar tidur agar tidur nyenyak.

- Välling
Minuman ini merupakan tips klasik untuk tidur lebih nyenyak di Swedia untuk anak-anak dan orang dewasa. Minuman ini berupa bubur hangat yang mengandung susu dan oat yang kaya nutrisi dan mengenyangkan. Susu hangat adalah sugesti umum untuk menginduksi kantuk. Välling mengandung senyawa yang dikenal untuk mendukung siklus tidur yang sehat, seperti triptofan, magnesium, melatonin, dan serotonin.

- Daging rusa
Pemicu tidur lainnya yang populer di Swedia adalah daging rusa. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), 100 gram daging rusa mengandung 30,2 gram protein dan 0,545 gram triptofan, asam amino esensial. Menurut ulasan tahun 2022, suplemen triptofan, terutama lebih dari 1 gram, dapat membantu tidur.

4. Finlandia

Tradisi orang Finlandia sebelum tidur adalah menikmati sauna di malam hari. Sauna dapat melemaskan otot sehingga membuat rasa kantuk muncul. Sauna juga ada beberapa manfaat kesehatan seperti COPD, gagal jantung kongestif, penyakit arteri perifer, depresi, kecemasan, pemulihan otot, dan lainnya.

5. Jepang

Jepan memiliki tradisi shikibuton. Shikibuton adalah kasur futon Jepang yang digunakan di lantai. Shikibuton tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga menawarkan manfaat tidur dan kesehatan. Kasur ini biasanya dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan dan alami, seperti kapas dan wol. Shikibuton diyakini oleh beberapa orang dapat membantu mencegah atau mengurangi nyeri punggung bawah dan memberikan dukungan untuk tulang belakang.

6. Amerika Selatan dan Tengah

Ada dua tradisi unik di Amerika Selatan dan Tengah untuk tidur nyenyak, yakni kebiasaan tempat tidur gantung dan sebuah boneka.

- Tempat tidur gantung
Menurut Stephen Light, pemilik toko kasur, tempat tidur gantung memberikan dua hal yang penting untuk kualitas tidur, yakni keamanan dan kenyamanan. Sebuah penelitian pada 2011 mengeksplorasi bagaimana gerakan mengayun di tempat tidur gantung dapat meningkatkan kualitas tidur.

- Boneka Guatemala
Boneka khawatir adalah boneka buatan tangan yang berasal dari penduduk asli dataran tinggi Guatemala. Mereka dibentuk dari kayu, kawat, kain berwarna-warni, dan mengenakan pakaian tradisional suku Maya. Boneka sering diberikan kepada anak-anak yang gelisah dan tidak bisa tidur. Biasanya mereka menceritakan kekhawatiran dan ketakutannya kepada boneka tersebut lalu meletakkannya di bawah bantal.

7. Budaya lainnya

- Kamar tidur keluarga
Jika Anda mengalami kesulitan untuk tertidur, memeluk anak-anak, pasangan, atau hewan peliharaan dapat menjadi sumber dukungan tidur. Menurut sebuah studi pada 2016, banyak orang tua di dunia, selain Amerika Utara dan Eropa, tidur bersama dengan anak mereka. Sebuah studi pada 2021 menemukan bahwa anak-anak yang tidur bersama selama lebih dari 6 bulan memiliki lebih sedikit kecemasan.

- Teh kamomil
Teh kamomil telah digunakan secara tradisional dalam budaya di seluruh dunia, dari Rusia, China, hingga Inggris. Teh ini terkenal karena kemampuannya yang menenangkan. Teh kamomil paling baik dikonsumsi kira-kira 45 menit sebelum tidur agar manfaat keluar secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro