Kane Tanaka, salah satu orang tertua di Jepang
Health

Ini Dia Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Bisa Hidup Hingga Lebih dari 100 Tahun

Salma Permata Dewi
Kamis, 8 Juni 2023 - 21:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang terkenal dengan ekspektasi kehidupan masyarakatnya. Umur rata-rata orang Jepang adalah yang tertinggi di dunia dan mereka terus bertambah tua.

Dilansir dari The Real World, rata-rata umur orang lanjut usia di Jepang adalah 87,32 tahun untuk wanita dan 81,25 tahun untuk pria.

Pada 2019, jumlah orang Jepang berusia 90 tahun mencapai 2,31 juta, termasuk lebih dari 71.000 centenarian atau orang yang hidup selama 100 tahun.

Berikut rahasia orang-orang Jepang memiliki umur panjang dilihat dari pola makannya menurut Times of India.

1. Diet

Makanan orang Jepang termasuk makanan laut, kedelai, makanan fermentasi, teh, dan ikan. Diet yang dilakukan oleh orang Jepang tidak memasukkan bahan-bahan seperti daging, gula, kentang, dan produk susu. Diet Jepang dikenal sebagai salah satu diet paling seimbang di seluruh dunia. Oleh karena itu, orang Jepang cenderung memiliki kulit yang bagus dan umur yang lebih panjang.

2. Makan dengan pelan

Orang Jepang cenderung menikmati makanan mereka dengan mengunyah makanan dengan benar dan perlahan. Mengunyah makanan dengan benar sangat penting dan baik untuk pencernaan. Aktivitas ini juga memberi mereka waktu untuk berkomunikasi dengan baik dengan keluarga dan teman mereka sehingga meningkatkan ikatan mereka sehingga membuat mereka tetap dan lebih bahagia juga.

3. Mengontrol porsi makan

Di Jepang, orang makan makanan mereka di piring yang lebih kecil. Makan yang cukup membuat mereka kenyang tanpa menambah kalori ekstra. Tidak mengonsumsi kalori secara berlebih dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan.

4. Teh

Jepang dikenal sebagai negara pecinta teh. Orang-orang di sana suka menyeruput secangkir teh. Salah satu teh yang menjadi favorit mereka adalah teh hijau. Teh hijau dikenal memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Teh hijau juga kaya akan antioksidan dan baik untuk kulit.

5. Sarapan

Sarapan dikatakan sebagai makanan terpenting tiap harinya. Untuk alasan yang sama, mereka memasukkan nasi kukus dengan ikan bakar dalam sarapan mereka. Sarapan membuat mereka kenyang dan mencegah makan berlebihan yang tidak sehat.

6. Tidak makan berlebihan

'Hara Hachi Bun Me' merupakan pepatah umum di Jepang yang secara kasar diterjemahkan menjadi 'makan sampai kamu 80 persen kenyang'. Pepatah ini menjadi sesuatu yang dipatuhi orang Jepang. Mereka tidak makan berlebihan dan berhenti secara sadar.

7. Hindari gula

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang Jepang jarang mengonsumsi gula dan pemanis. Meskipun Jepang memiliki banyak makanan pencuci mulut yang populer, tetapi orang-orang yang tinggal di sana lebih menyukai hidangan gurih.

8. Metode memasak

Orang Jepang lebih condong ke makanan yang kurang dimasak. Mereka juga memilih metode memasak seperti mengukus, memfermentasi, memanggang, dan menumis. Masakan Jepang juga dibuat menggunakan sedikit minyak.

9. Makanan berbahan kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan makanan yang mudah dicerna. Makanan ini merupakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak baik. Kacang kedelai dapat digunakan untuk membuat berbagai makanan di Jepang, seperti susu kedelai, miso, tahu dan natto (kedelai yang difermentasi). Protein kedelai dikenal untuk meningkatkan energi sekaligus membantu dalam membangun otot juga. Tidak hanya itu, kedelai juga dapat menyeimbangkan hormon dan faktor penurunan berat badan.

10. Rumput laut

Rumput laut adalah makanan pokok orang Jepang dan tersedia dalam berbagai bentuk. Rumput laut memiliki banyak nutrisi di dalamnya, seperti mineral dan vitamin. Rumput laut juga dikenal kaya akan asam lemak omega 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro