Kemiri
Health

Ini Manfaat Hazelnut, Kerap Disamakan Dengan Kemiri

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 13 Juni 2023 - 13:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini media sosial dihebohkan mengenai hazelnut yang kerap disamakan dengan kemiri. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda.

Dilansir dari Healthline, hazelnut adalah jenis kacang yang berasal dari pohon Corylus. Kacang ini banyak tumbuh di Turki, Italia, Spanyol dan Amerika Serikat.

Hazelnut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Melansir dari Medical News Today dan Dr. Axe, berikut adalah manfaat hazelnut bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Melindungi dari kerusakan sel

Hazelnut merupakan kacang yang kaya akan antioksidan yang dapat melindungi dari oksidasi sel. Antioksidan ini mengurangi tingkat kerusakan sel akibat radikal bebas. Hazelnut mengandung antioksidan vitamin E. Vitamin E sendiri dapat membantu melindungi tubuh dari jenis kerusakan sel yang berkaitan dengan kanker.

2. Mendukung kesehatan jantung

Hazelnut adalah sumber asam lemak omega-3 yang memiliki sejumlah manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Mendukung pergerakan usus yang sehat

Hazelnut adalah sumber serat makanan yang baik. Mengonsumsi banyak serat dapat mendorong buang air besar secara teratur dan membantu mencegah sembelit. Adapun satu porsi 28 gram hazelnut mengandung sekitar 2,7 gram serat makanan.

4. Kaya akan nutrisi

Kacang hazelnut mengandung lemak sehat, termasuk omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Adapun nutrisi yang terkandung di dalamnya, mencakup:
- Vitamin E
- Thiamin
- Magnesium
- Tembaga
- Mangan
- Vitamin B6
- Folat
- Fosfor
- Kalium
- Seng

5. Berkontribusi pada Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin E yang terdapat pada hazelnut dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan meningkatkan kelembapan. Adapun kandungan antioksidan vitamin E dapat membantu mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV atau asap rokok, serta hal-hal lain yang dapat menyebabkan kanker kulit atau penuaan dini.

6. Membantu mengelola diabetes

Hazelnut merupakan sumber magnesium yang baik dan telah terbukti dapat mengurangi risiko diabetes. Bagi Anda yang merupakan penderita diabetes dengan kolesterol tinggi harus mempertimbangkan untuk menambahkan hazelnut dan jenis kacang-kacangan lainnya ke dalam menu makanan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan hazelnut dapat meningkatkan intoleransi glukosa. Selain itu, adanya kadar mangan yang tinggi pada hazelnut juga membantu dalam memerangi diabetes bila digunakan sebagai suplemen diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro